Inilah empat cara untuk mengatasi jerawat dan kulit kusam

- Senin, 14 November 2022 | 20:30 WIB
Ilustrasi kulit berjerawat.  (ANTARA/Pixabay)
Ilustrasi kulit berjerawat. (ANTARA/Pixabay)

HARIAN MERAPI - Kulit bersih dan sehat tentu menjadi dambaan setiap orang, apalagi kulit yang sehat juga dapat merepresentasikan kesehatan tubuh kita dan memiliki peran penting dalam menciptakan kesan pertama terhadap orang lain.

Namun seringkali kita dihadapkan dengan berbagai masalah kulit yang sulit diatasi, salah satunya yang paling umum terjadi yakni timbulnya jerawat pada kulit berminyak.

Faktor penyebab jerawat dapat disebabkan oleh beberapa hal, yakni infeksi bakteri Propionibacterium acnes, faktor genetik, lingkungan, hormonal dan gaya hidup seperti merokok, mengkonsumsi minuman keras, stress, kurang tidur, asupan makanan yang kurang sehat dan lain sebagainya.

Baca Juga: Yogyakarta peringkat 4 angka kecelakaan tertinggi di Indonesia, mayoritas melibatkan sepeda motor

Setelah mengetahui faktor penyebab jerawat yang dialami, berikut ini ada ragam cara yang dapat dilakukan untuk mengatasinya, seperti tertulis dalam keterangan NourishSkin pada Senin (14/11/2022).

1. Rutin membersihkan wajah

Langkah pertama untuk mencegah timbulnya jerawat, khususnya pada kulit wajah yang cenderung berminyak adalah dengan mencuci wajah secara rutin maksimal 2 kali sehari menggunakan sabun khusus wajah.

Hal ini akan membantu mengurangi minyak berlebih pada wajah sekaligus membantu membersihkan pori-pori dari resiko tersumbat akibat pemakaian kosmetik dan kotoran debu yang hinggap saat beraktivitas.

Baca Juga: KIB fokus bahas tuntaskan Program PATEN, Pengamat sebut harus langsung menyasar ke jantung rakyat

2. Menggunakan obat jerawat

Halaman:

Editor: Widyo Suprayogi

Sumber: ANTARA

Tags

Artikel Terkait

Terkini

Sering Mengalami Mual? Ini Cara Mengatasinya

Minggu, 8 Januari 2023 | 15:33 WIB
X