• Selasa, 6 Desember 2022

Khasiat Pare untuk Kesehatan, Antara Lain Mengatasi Hipertensi, Diabetes, Demam dan Menambah Nafsu Makan

- Minggu, 30 Januari 2022 | 17:00 WIB
          Pare bagus untuk mendukung kesehatan badan. (Foto: Sulistyanto)
Pare bagus untuk mendukung kesehatan badan. (Foto: Sulistyanto)

harianmerapi.com - bahan sayur pare yang rasanhya pahit namun bagus untuk kesehatan. Selain bagian buahnya, daun dari tanaman ini juga dapat dijadikan obat alami.

Adapun khasiat kesehatan pare, di antaranya membantu menghindarkan risiko serangan darah tinggi (hipertensi), diabetes, demam dan menambah nafsu makan.

Cara sederhana pemanfaatannya, antara lain diolah menjadi beberapa jenis masakan. Bisa juga pare dicuci sampai bersih, lalu dilembutkan. Hasilnya ditambah setengah gelas air bersih, segara diaduk-aduk dan diperas. Sehari cukup minum satu kali.

Baca Juga: Jamur Kuping Sering Ditambahkan pada Sejumlah Masakan, Berkhasiat Sebagai Musuh Wasir dan Disentri

“Ketika nafsu makannya menurun, termasuk yang sedang sakit atau pasca sakit bisa juga rutin mengkonsumsi olahan pare,” kata Siman yang tinggal di Sleman.

Khususnya bagi yang terserang diabetes, rutin mengonsumsi pare termasuk ikhtiar mengembalikan kadar gula darah secara alami.

Artinya juga mampu merangsang sel beta kelenjar pankreas untuk memproduksi hormon insulin lebih banyak dan meningkatkan simpanan cadangan gula darah pada hati, sehingga gula yang beredar dalam darah dapat dikendalikan.

Dengan izin Yang Maha Kuasa diharapkan juga bisa normal kembali serta terjaga kesehatannya.

Baca Juga: Kelenteng Liong Hok Bio Magelang 1: Rombongan Orang Tionghoa dari Batavia Mengungsi dan Tinggal di Desa Djono

Selain bagian buahnya, daun tanaman pare pun diyakini memiliki manfaat kesehatan, misalnya untuk melawan serangan demam.

Resep sederhananya, yakni diawali memilih tiga daun pare segar dicuci bersih. Setelah itu dilumatkan dan ditambah segelas air dan sedikit garam lalu diseduh. Masih perlu diperas dan disaring lalu diminum dua kali sehari sebanyak setengah gelas. *

Halaman:

Editor: Swasto Dayanto

Tags

Artikel Terkait

Terkini

Mengenal Sarkopenia, penyebab dan cara pencegahannya

Selasa, 29 November 2022 | 20:55 WIB
X