• Rabu, 19 Januari 2022

Minuman Berbahan Sayur Caisim yang Dipadu dengan Santan dan Gula Merah Berkahsiat untuk Kesehatan

- Sabtu, 15 Januari 2022 | 16:30 WIB
Minuman alami berbahan caisim, santan dan gula merah bermanfaat bagi kesehatan. (Foto: Sulistyanto)
Minuman alami berbahan caisim, santan dan gula merah bermanfaat bagi kesehatan. (Foto: Sulistyanto)

harianmerapi.com - Sayur caisim banyak mengandung vitamin C, sehingga dapat membantu meningkatkan sistem kekebalan atau imunitas tubuh.

Sayur caisim dapat diproses menjadi beberapa olahan yang layak rutin dikonsumsi. Seperti halnya mahasiswa Fakultas Agroindustri Universitas Mercu Buana Yogyakarta, Siti Muslimah membuat minuman berbahan sayur caisim, dipadu santan serta gula merah. Perpaduan bahan-bahan alami ini diyakini memiliki khasiat kesehatan tersendiri.

“Sayur caisimnya perlu diekstrak dahulu, dicampur bubuk agar-agar dan direbus. Hasilnya diiris-iris dan dikombinasi dengan santan sudah dimasak serta diberi gula merah,” jelas Siti.

Baca Juga: Tujuh Manfaat dan Keutamaan Membaca Istighfar, Salah Satunya Membuka Pintu Rezeki

Minuman dengan cita rasa khas, segar dan menyehatkan seperti ini, lanjutnya, cocok juga dijual saat ada even bazaar. Bisa juga menjadi suguhan untuk tamu-tamu.

Adapun manfaat atau khasiat kesehatan lainnya dari sayur caisim, antara lain berperan membantu menghambat penyerapan kolesterol dalam usus, sehingga dapat menjadi rival kanker usus, wasir, sembelit ataupun konstipasi.

Salah satu alasannya, karena caisim memiliki kandungan serat cukup tinggi. Tak kalah penting dengan rutin mengkonsumsi caisim maupun hasil olahannya dapat membantu menurunkan risiko hipertensi.

Bahkan dapat mencegah keluhan kesehatan organ jantung, pasalnya caisim bisa membantu membersihkan arteri.

Baca Juga: Cerita Horor Lelaki Hidung Belang Kena Batunya Ketika Kenalan dengan Janda Muda Ternyata Penghuni Makam Desa

“Manfaat kesehatan sayur caisim bisa lebih maksimal lagi jika dibudidayakan dengan sistem organik, tak menggunakan pupuk, pestisida ataupun obat-obat kimia,” ungkapnya.

Halaman:

Editor: Swasto Dayanto

Tags

Artikel Terkait

Terkini

Diet Aman dan Sehat, Begini Tips dari Ahli Gizi UGM

Kamis, 13 Januari 2022 | 07:22 WIB
X