• Kamis, 26 Mei 2022

Manfaat Arang Dipadu Kopi untuk Mengatasi Masuk Angin dan Kembung

- Selasa, 9 November 2021 | 08:30 WIB
          Minuman kopi ditambah arang (kopi jos) bersifat alami dan mempunyai manfaat kesehatan. (Foto: Sulistyanto)
Minuman kopi ditambah arang (kopi jos) bersifat alami dan mempunyai manfaat kesehatan. (Foto: Sulistyanto)

harianmerapi.com - Manfaat kesehatan minuman kopi sudah banyak yang mengenal, asal tak berlebihan. Bahkan ketika kopi ditambah dengan arang (yang sudah dibakar dan membara) juga diyakini bagus untuk kesehatan.

Kopi dikombinasi arang seperti ini dikenal dengan sebutan kopi jos.
“Peminat kopi jos dari berbagai kalangan, selain punya cita rasa khas juga diyakini ada manfaat kesehatannya. Warung tenda penyedia kopi jos juga banyak didatangi konsumen, tapi saat ada wabah Covid-19 seperti sekarang, konsumennya menurun drastis,” kata pelaku jual-beli arang kayu asal Sidokarto Sleman, Sugiyarta.

Arang yang telah dibakar sampai membara, sebutnya, bersifat steril. Ketika ditaruh di seduhan kopi dan diminum tak berbahaya, bahkan diharapkan dapat membantui menghindarkan risiko maupun melawan masuk angin, perut kembung serta diare.

Baca Juga: Misteri Malam Selasa Kliwon Saat Bulan Hantu

Baca Juga: Pernikahan yang Tak Direstui 14: Istri Menantang untuk Cerai

Baca Juga: Kegigihan Nyai Subang Larang 5: Walangsungsang Melanjutkan Perjuangan Sang Ibunda

Termasuk juga berperan menyerap kelebihan gas di perut, misalnya yang disebabkan mengkonsumsi kacang-kacangan secara berlebihan. Adapun garis besar membuat minuman kopi jos, yakni satu sendok makan kopi murni diseduh dengan air panas.

Tak berselang lama diberi arang membara secukupnya sampai terdengar suara 'joss...' dari gelas/cangkir berisi air kopi yang masih panas tersebut.

Selanjutnya diaduk-aduk dan minuman kopi tersebut siap untuk dikonsumsi, misalnya dituang sedikit demi sedikit di cawan berbahan kaca. *

 

Halaman:

Editor: Swasto Dayanto

Tags

Artikel Terkait

Terkini

X