• Kamis, 20 Januari 2022

Khasiat Madu Pahit untuk Jaga Imunitas Tubuh

- Senin, 8 November 2021 | 10:45 WIB
          Jenis madu pahit mempunyai khasiat kesehatan, layak untuk rutin dikonsumsi. (Foto: Sulistyanto)
Jenis madu pahit mempunyai khasiat kesehatan, layak untuk rutin dikonsumsi. (Foto: Sulistyanto)

harianmerapi.com - Manfaat atau khasiat madu untuk mendukung kesehatan secara alami sudah lama dikenal banyak warga. Bahkan keberadaannya cukup  populer di masyarakat mulai dari jenis madu murni maupun sudah dikombinasi dengan bahan-bahan herbal.

Mayoritas madu murni di pasaran memiliki cita rasa manis, namun ada pula jenis madu dengan cita rasa pahit dan biasa disebut madu pahit.

Sekarang ini sejumlah merek madu pahit dapat ditemukan di pasaran, namun ada pula yang dipasarkan tanpa merek, namun cukup diberi label madu panit. Pemasaran jenis madu ini pun bisa model offline ataupun online.

Baca Juga: Memancing Tengah Malam Sendirian, Ditemani Kuntilanak

“Meski rasanya pahit, karena bagus untuk kesehatan banyak yang berusaha bisa rutin mengkonsumsi madu pahit,” papar D Rima Melati yang tinggal di kawasan Sidomoyo Sleman.

Adapun jenis madu pahit diperoleh dari lebah liar yang banyak hidup di hutan-hutan. Rasa pahitnya karena lebah-lebah tersebut menghisap sari bunga dari aneka tumbuhan yang memiliki sari bunga rasa pahit, seperti mahoni, bunga singkong dan kaliandra.

Adapun manfaat atau khasiat kesehatannya, antara lain karena mengandung senyawa fenolat yang juga merupakan antioksidan, sehingga diyakini bisa membantu  meningkatkan sistem kekebalan atau imunitas tubuh.

Baca Juga: Pernikahan yang Tak Direstui 12: Kemiskinan Menghancurkan Rumah Tangga

“Selain untuk membantu mengatasi gangguan kesehatan, bisa pula untuk mencegah aneka gangguan atau keluhan kesehatan,” terangnya.

Bahan alami jenis madu hitam dapat juga digunakan untuk merawat kulit wajah, sebab kandungan anti inflamasinya bisa membantu mencegah dan melawan keluhan kesehatan pada kulit, misalnya jerawat serta flek hitam di wajah. Selain model tunggal, dapat juga dikombinasi dengan bahan alami berkhasiat lainnya.

Halaman:

Editor: Swasto Dayanto

Tags

Artikel Terkait

Terkini

Diet Aman dan Sehat, Begini Tips dari Ahli Gizi UGM

Kamis, 13 Januari 2022 | 07:22 WIB
X