• Senin, 6 Desember 2021

Jaga Tumbuh Kembang Anak untuk Mencegah Stunting

- Kamis, 14 Oktober 2021 | 15:07 WIB
Ilustrasi mengukur tinggi badan anak  (ANTARA/Ida Nurcahyani)
Ilustrasi mengukur tinggi badan anak (ANTARA/Ida Nurcahyani)

MENJAGA tumbuh kembang anak sangat penting untuk mencegah stunting, masalah kurang gizi kronis yang berakibat pada terganggunya pertumbuhan anak.

Stunting merupakan kondisi ketika balita memiliki tinggi badan di bawah rata-rata yang disebabkan oleh pemberian asupan gizi yang tidak adekuat dalam waktu yang panjang, tidak sesuai dengan kebutuhan.

UNICEF mendefinisikan stunting sebagai persentase anak-anak usia 0 sampai 59 bulan, dengan tinggi badan di bawah minus (stunting sedang dan berat) dan minus tiga (stunting kronis).

Baca Juga: Harga Diri Mataram, Kunci Membaiknya Performa Pemain PSIM di Liga 2

Hal ini diukur dengan menggunakan standar pertumbuhan anak yang dikeluarkan oleh WHO. Selain mengalami pertumbuhan terhambat, stunting juga seringkali dikaitkan dengan penyebab perkembangan otak yang tidak maksimal.

Stunting berpotensi memperlambat perkembangan otak, dengan dampak jangka panjang berupa keterbelakangan mental, rendahnya kemampuan belajar, dan risiko serangan penyakit kronis seperti diabetes, hipertensi, hingga obesitas.

Stunting bisa terjadi jauh sebelum kelahiran di mana stunting bisa terjadi sebagai produk yang dihasilkan dari kehamilan ketika ibu hamil tidak memperhatikan asupan nutrsi pada masa kehamilannya.

Baca Juga: Menpora Klaim PON XX Papua Raih Sukses Pelaksaan dan Prestasi

Oleh sebab itu, prekonsepsi sangat perlu diperhatikan di mana calon ibu sebaiknya rajin mengkonsumsi asam folat, memeriksakan jumlah hemoglobin hingga mengkonsumsi penambah darah.

Dokter Anak Divisi Nutrisi dan Penyakit Metabolis RSUP Fatmawati, Dr. dr. Lanny C. Gultom, Sp.A(K) mengatakan ada berbagai cara yang bisa dilakukan untuk mencegah stunting pada anak, meski sudah dideteksi terdapat gejala.

Halaman:

Editor: Widyo Suprayogi

Sumber: Antara

Tags

Artikel Terkait

Terkini

Minum Kopi Tanpa Gula, Merontokkan Lemak dalam Tubuh

Jumat, 3 Desember 2021 | 14:22 WIB

Ini Beberapa Opsi Terapi Kanker Paru Menurut Spesialis

Jumat, 26 November 2021 | 20:50 WIB

Ini Bahaya Pancaran Sinar Biru Bagi Kulit Manusia

Sabtu, 20 November 2021 | 16:45 WIB

Asam Lambung Naik, Kenali Penyebabnya

Jumat, 19 November 2021 | 11:15 WIB
X