• Minggu, 3 Juli 2022

Pengamat Menilai, Pemilu Serentak 2024 Potensial Ancam Kesehatan Penyelenggara

- Kamis, 14 Oktober 2021 | 14:25 WIB
Kotak suara untuk Pemilu Legislatif 2019 di Tanjungpinang Foto:  (Antara/Nikolas Panama)
Kotak suara untuk Pemilu Legislatif 2019 di Tanjungpinang Foto: (Antara/Nikolas Panama)



TANJUNGPINANG, harianmerapi.com - Pemilu serentak yang direncanakan digelar tahun 2024 berpotensi mengancam kesehatan para penyelenggara pemilu. Akibatnya, merekat tidak dapat bekerja secara optimal.


Analisis tersebut disampaikan pengamat politik hukum dari Universitas Maritim Raja Ali Haji, Dewi Haryanti di Tanjungpinang, Kamis (14/10/2021).


"Pemilu serentak menyebabkan penyelenggara harus bekerja secara ekstra yang dapat mengancam kesehatan karena kelelahan sehiingga tidak bisa bekerja optimal," kata Dewi.

Baca Juga: 6 Langkah Cuci Tangan Pakai Sabun yang Benar, Tambah Cuci Pergelangan Tangan, Cegah Segala Penyakit

Mantan anggota KPU Tanjungpinang itu menjelaskan kinerja penyelenggara pemilu juga tidak dapat maksimal jika bimbingan teknis terhadap penyelenggara tidak optimal mengingat banyak tanggung jawab yang harus dilakukan selama pemilu.

"Jika regulasinya tidak tegas dan jelas, karena harus mengubah peraturan perundang-undangan, maka akan memunculkan berbagai permasalahan yang akan berimplikasi pada pemilu ulang atau penundaan sebagian tahapan pemilu," ujarnya, yang juga dosen pengampu mata kuliah Pemilu dan Demokrasi.

Ia mengatakan pelaksanaan pemilu serentak menyebabkan penyelenggara pemilu dapat menghemat penggunaan anggaran negara, yang paling besar dipergunakan untuk membayar honor penyelenggara, termasuk untuk penyelenggara adhoc.

Baca Juga: 10 Preman Memalak Para Pedagang, Ditangkap Polres Asahan Sumut

"Kalau pemilu serentak, honor cukup dibayar untuk satu kegiatan pemilu serentak saja," ucapnya.

Selain itu, menurut dia, penyelenggara pemilu juga dapat menghemat anggaran untuk pengadaan logistik, dan biaya bimbingan teknis penyelenggara pemilu.

Halaman:

Editor: Hudono

Sumber: Antara

Tags

Artikel Terkait

Terkini

Tips Memilih Hewan dan Mengolah Daging Kurban

Jumat, 1 Juli 2022 | 22:20 WIB
X