• Jumat, 12 Agustus 2022

Catat, Begini Langkah untuk Mendapatkan Minyak Goreng Curah Rakyat

- Selasa, 28 Juni 2022 | 23:10 WIB
Emil Satria saat menjadi narasumber webinar  (Dok.ANTARA/Dedi)
Emil Satria saat menjadi narasumber webinar (Dok.ANTARA/Dedi)

JAKARTA, harianmerapi.com - Pemerintah mulai melakukan sosialisasi dan transisi penggunaan PeduliLindungi untuk membeli minyak goreng curah rakyat (MGCR) pada Senin (27/6). Sosialisasi rencananya akan dilakukan selama dua minggu ke depan.

Masyarakat bisa mendapatkan minyak goreng curah dengan harga eceran tertinggi (HET) sebesar Rp14.000 per liter atau Rp15.500 per kg dengan kuota maksimal 10 kg per hari per NIK melalui scan PeduliLindungi.

Dalam masa sosialisasi dan transisi, masyarakat masih bisa menggunakan NIK di KTP untuk pembelian minyak goreng curah.

Baca Juga: Indonesia Resmi Ajukan Diri jadi Tuan Rumah Piala Asia 2023

Berikut adalah langkah untuk melakukan pembelian minyak goreng curah rakyat. Pertama, pembeli dapat datang ke toko pengecer yang telah terdaftar di SIMIRAH 2.0 dan PUJLE (Pelaku Usaha Jasa Logistik dan Eceran), kemudian scan QR Code yang ada di pengecer menggunakan aplikasi PeduliLindungi.

Jika hasil scan berwarna hijau, maka pembeli bisa membeli MGCR. Ada pun jika hasil scan berwarna merah, maka pembeli sudah mencapai batas ketetapan maksimal harian untuk membeli MGCR sejumlah 10 kg/NIK/hari.

Jika pembeli tidak memiliki aplikasi PeduliLindungi, maka pembeli bisa menunjukkan NIK kepada pengecer dan akan didata oleh pengecer.

Baca Juga: Kabar Gembira, Gaji 13 Untuk ASN dan Pensiunan Cair 1 Juli 2022

Hingga saat ini daftar pengecer yang terdaftar oleh Kemendag dan Kemenperin telah mencapai angka 40.000 pengecer dan dapat dilihat melalui tautan minyak-goreng.id atau melalui https://linktr.ee/minyakita.

Terkait dengan itu, Kementerian Perindustrian (Kemenperin) menyebut baru ada 1.857 penyalur/pengecer dari total 34.900 pengecer minyak goreng curah, atau sekitar 5,3 persen yang telah mencetak Kode QR (QR Code) PeduliLindungi, yakni aplikasi untuk pembelian minyak goreng curah rakyat (MGCR).

Halaman:

Editor: Widyo Suprayogi

Sumber: Antara

Tags

Artikel Terkait

Terkini

X