• Jumat, 12 Agustus 2022

Indonesia Resmi Ajukan Diri jadi Tuan Rumah Piala Asia 2023

- Selasa, 28 Juni 2022 | 21:45 WIB
Ketua Umum PSSI Mochamad Iriawan memberikan keterangan kepada pewarta di Gedung Kemenpora, Jakarta, Selasa (7/6/2022). ( ANTARA/Michael Siahaan)
Ketua Umum PSSI Mochamad Iriawan memberikan keterangan kepada pewarta di Gedung Kemenpora, Jakarta, Selasa (7/6/2022). ( ANTARA/Michael Siahaan)

JAKARTA, harianmerapi.com - Indonesia akhirnya berani mengajukan diri menjadi tuan rumah Piala Asia 2023setelah Presiden Joko Widodo memberikan "lampu hijau".

"Saya langsung melapor kepada Presiden untuk meminta arahan. Beliau menyampaikan, silakan kita mengajukan diri (menjadi tuan rumah Piala Asia 2023-red). Nanti kita melihat keputusan AFC seperti apa," kata Menpora Zainudin Amali.

Piala Asia 2023 awalnya akan dilangsungkan di China. Akan tetapi, China mengajukan pengunduran diri karena pandemi Covid-19. Itu membuat AFC membuka kesempatan kepada federasi anggotanya untuk mengikuti pencalonan tuan rumah turnamen tersebut.

Baca Juga: Ronda Keliling Sendirian, Melihat Perempuan Menangis Meraung-raung di Atas Rel Kereta Api, Apa yang Terjadi?

Sejauh ini, selain Indonesia, sudah ada empat negara yang resmi menyatakan minatnya menjadi tuan rumah Piala Asia 2023 yakni Korea Selatan, Jepang, Australia dan Qatar.

Indonesia sejatinya sudah dipastikan tampil di Piala Asia 2023 setelah berhasil menjadi satu dari lima peringkat kedua grup terbaik di putaran terakhir kualifikasi.

Ketua Umum PSSI Mochamad Iriawan, dikutip dari laman PSSI di Jakarta, Selasa (28/6/2022) menyatakan bahwa PSSI resmi mengajukan diri menjadi tuan rumah Piala Asia 2023 setelah mendapatkan restu dari pemerintah.

Baca Juga: Pemerintah Berjanji Tidak Akan Terlalu Ketat Mengatur Distribusi Minyak Goreng

"Setelah berkoordinasi dengan pemerintah, dalam hal ini Kemenpora, akhirnya PSSI resmi mengajukan diri untuk menjadi tuan rumah Piala Asia 2023. PSSI mengucapkan terima kasih kepada pemerintah dalam hal ini Menpora Zainudin Amali yang telah memberikan dukungan," ujarnya.

Iriawan pun menegaskan, pihaknya mengirimkan semua persyaratan kepada Konfederasi Sepak Bola Asia (AFC) terkait pengajuan diri tersebut.

AFC sendiri memberikan batas waktu sampai akhir Juni 2022 kepada federasi anggotanya untuk melengkapi persyaratan tuan rumah.

Halaman:

Editor: Widyo Suprayogi

Sumber: Antara

Tags

Artikel Terkait

Terkini

X