Ingin Memiliki Rumah namun Dana Terbatas? Ini Tahapan untuk Pengajuan Pinjaman Kepemilikan Rumah di Bank

- Selasa, 5 Oktober 2021 | 07:46 WIB
Ilustrasi (Pixabay)
Ilustrasi (Pixabay)

JAKARTA, harianmerapi.com - Banyak yang ingin segera memiliki rumah, namun terkendala dengan pendanaan. Kalau pun harus lewat pinjaman di bank, juga tak sedikit yang tidak tahu tahp-tahap yang harus dilakukan.

Padahal banyak pinjaman kepemilikan rumah di bank, seperti Kredit Pemilikan Rumah (KPR/KPA), Kredit Multi Guna (Refinancing), KPR Take Over, dan KPR Top Up. Namun memang ada skema yang harus dilalui sebelum pengajuan disetujui bank.

"Apapun jenis pinjamannya, alur pengajuan kredit ke bank memiliki alur yang sama yaitu terdiri dari lima tahapan," kata pakar Properti dan Pembiayaan dari Pinhome, Vina Yenastri melalui keterangan tertulisnya, dikutip Selasa (5/10/2021).

Baca Juga: Mengalami Down Selama Enam Jam, Ini Penjelasan Facebook, Instagram dan WhatsApp

Tahapan pertama, yakni BI/SLIK Checking untuk memastikan calon pembeli memenuhi syarat eligibilitas dalam mengajukan KPR dengan syarat melampirkan fotokopi KTP. Pada tahap ini, bank akan memeriksa riwayat kredit Anda di bank termasuk yang sedang berjalan sekaligus cicilan yang Anda miliki.

"Kalau sudah lolos BI Checking dan enggak ada masalah seperti penunggakan cicilan, maka kita sudah lolos kriteria awal dari pihak bank. Jadi, slip checking-nya clear," tutur Vina.

Berikutnya, pengumpulan berkas kualifikasi. Pada tahap ini, bank melakukan analisis terhadap kesanggupan calon pembeli yang nantinya memenuhi kewajiban pembayaran KPR.

Baca Juga: Almari Kuna Menyimpan Misteri Soal Bocah Bengal yang Bernasib Sial

Syarat yang dibutuhkan yakni dokumen pribadi berupa rekening koran, sertifikat properti yang akan dibeli, PBB dan IMB.

Tahap selanjutnya, pengumpulan dokumen yang dibutuhkan atau dokumen yang diminta oleh bank mulai dari dokumen pribadi, dokumen income, buku rekening, slip gaji, fotokopi sertifikat properti, serta fotokopi IMB dan PBB.

Halaman:

Editor: Swasto Dayanto

Sumber: Antara

Tags

Artikel Terkait

Terkini

X