• Rabu, 17 Agustus 2022

Potret Gelap Film Broker yang Tersaji Lewat Konsep Kotak Bayi

- Senin, 20 Juni 2022 | 09:00 WIB
Song Kang-ho dan Gang Dong-won dalam film "Broker" karya sutradara Hirokazu Kore-eda.  (ANTARA/HO-CJ E&M via CBI Pictures)
Song Kang-ho dan Gang Dong-won dalam film "Broker" karya sutradara Hirokazu Kore-eda. (ANTARA/HO-CJ E&M via CBI Pictures)

JAKARTA, harianmerapi.com - Bagi Dong-soo (Gang Dong-won), bayi yang dibuang oleh orang tuanya harus diselamatkan walau dengan cara ilegal sekalipun seperti profesi yang ia lakoni dengan menjual bayi-bayi untuk menemukan orang tua adopsi.

Ia membenci para ibu anonim yang telah menelantarkan bayi mereka di dalam kotak bayi yang biasanya turut menyelipkan secarik pesan berisi janji manis “ibu akan kembali”.

Dong-soo yakin, hanya satu dari 40 ibu yang betul-betul kembali menjemput anak yang mereka buang. Keyakinan itu bukan tanpa alasan, sebab ia sendiri mengalami penelantaran itu saat masih bayi dan tak mengetahui identitas ibunya.

Baca Juga: Film Broker Raih Sukses, Tembus 1 Juta Penonton di Korea Selatan, Ini Bintangnya

Sementara Sang-hyeon (Song Kang-ho), rekan Dong-soo atau tokoh utama dalam film “Broker” ini, berdiri sebagai makelar bayi yang mengklaim tindakannya baik walau tak dipungkiri dirinya punya motif untuk mendapatkan keuntungan mengingat utang-utangnya yang telah menumpuk.

Dari perspektif detektif Soo-jin (Bae Doona), bagaimanapun penelantaran bayi dan penjualan bayi merupakan tindakan yang sama-sama tak dibenarkan menurut ukuran moral dan hukum. Ia yakin tugasnya sebagai seorang polisi ialah memburu dan menangkap pelaku kejahatan, terutama dua makelar bayi yang menjadi targetnya selama ini.

Di sisi lain, So-young (Lee Ji-eun), seorang ibu muda, tidak pernah menjelaskan secara pasti mengenai alasan mengapa dirinya meninggalkan bayinya, Woo-sung, begitu saja di depan kotak bayi dan mengapa dirinya memutuskan kembali mencari sang bayi.

Baca Juga: BTS Tepis Rumor Bubar, Jungkook: Kami Tidak Punya Niat untuk Berhenti

Pada akhirnya, So-young memutuskan bergabung bersama Sang-hyeon dan Dong-soo untuk menjual bayinya. Mereka bersama Hae-jin, anak kecil laki-laki dari panti asuhan, berkelana dengan mengendarai mobil van dari satu tempat ke tempat lainnya untuk menemukan pembeli yang tepat.

Halaman:

Editor: Sutriono

Sumber: Antara

Tags

Artikel Terkait

Terkini

X