• Selasa, 25 Januari 2022

Tayang di Bioskop Jogja, Film Dokumenter The Flame Ungkap Kisah Nyata Pejuang Hutan Adat di Kalimantan

- Minggu, 28 November 2021 | 19:44 WIB
Iber saat melakukan salah satu adegan dalam film Bara (The Flame)  (Foto: @baratheflame)
Iber saat melakukan salah satu adegan dalam film Bara (The Flame) (Foto: @baratheflame)

JOGJA, harianmerapi.com - Film dokumenter yang berjudul Bara (The Flame) produksi bersama Abimata Group, Cineria Film, RIM Cine Makassar dan Aljazeera Documentary Channel mulai diputar di Empire XXI Jalan Laksda Adisucipto Yogya, Minggu (28/11/2021) petang.

"Film dokumenter ini tayang secara eksklusif di Jogja NETPAC Asian Film Festival 2021 (JAFF) pada 28 dan 29 November dan di Empire XXI Yogyakarta," ujar Sutradara Arfan Sabran didampingi produser Gita Fara kepada wartawan disela-sela persiapan pemutaran film.

Kehadiran film dokumenter The Flame di JAFF dapat mempertemukan kembali film dengan penontonnya secara langsung mulai dari para sineas film di Indonesia hingga Asia.

Baca Juga: Sinopsis Layangan Putus Episode 1 Tayang di WeTV, Di Apartemen Reza Rahadian Temui Wanita Misterius Itu

Dalam film ini menceritakan kisah perjuangan Iber Djamal (77) sebagai penduduk asli Kalimantan yang mempertaruhkan sepanjang hidupnya untuk mendapatkan hak waris hutan adat.

Cerita film tersebut memaparkan isu krisis iklim dan lingkungan hidup yang telah menjadi permasalahan besar di negeri ini.

Untuk mengenalkan ke masyarakat ke masyarakat luas, film ini akan mengunjungi berbagai kota di Indonesia untuk mengkampanyekan kepada masyarakat agar turut serta dalam upaya melindungi lingkungan hutan adat di Indonesia yakni DKI Jakarta, DIY, Makassar dan Palangkaraya.

Baca Juga: Mikha Tambayong Menjadi Seorang Gadis yang Sangat Tertutup dalam Film 'Langit Kala Senja'

Selain itu, film dokumenter The Flame akan menyapa secara virtual daerah-daerah yang tidak terjangkau bioskop melalui pemutaran film dan diskusi yang mendalam.

"Kami bangga dapat membawa film
The Flame ke hadapan para penonton secara langsung melalui Jogja NETPAC Asian Film Festival 2021. Film The Flame bukan hanya bertujuan menyuarakan kisah tentang perjuangan pelestarian hutan adat di hadapan penonton Indonesia, tetapi juga bisa ditonton oleh para pegiat film di Asia," terang Arfan.

Halaman:

Editor: Widyo Suprayogi

Tags

Artikel Terkait

Terkini

X