BAB di tengah laut, seorang ABK hilang ditelan ombak di perairan laut Sadeng Gunungkidul, ini kronologinya

- Minggu, 11 September 2022 | 14:19 WIB
Koordinasi Tim SAR untuk mencari korban ABK yang hilang di perairan laut Sadeng Gunungkidul. (Dok Koordinator SAR Satlinmas Wilayah 1)
Koordinasi Tim SAR untuk mencari korban ABK yang hilang di perairan laut Sadeng Gunungkidul. (Dok Koordinator SAR Satlinmas Wilayah 1)

HARIAN MERAPI - Seorang anak buah kapal (ABK), Didit (25) warga Kalurahan Songbanyu, Girisubo, Gunungkidul hilang ditelan ombak di perairan laut Sadeng berjarak sekitar 45 mil dari pantai.

Koordinator SAR Satlinmas Wilayah Operasi I DIY, Sunu Handoko Bayu Segara SIP mengatakan korban ABK diduga tercebur ke laut di perairan laut Sadeng saat sedang buang air besar (BAB) di kapal pada Sabtu (10/9/2022).

"Saat kejadian tercebur ke laut di perairan laut Sadeng pukul 07.00 WIB dan diketahui langsung oleh teman korban ABK," katanya, Minggu (11/9/2022).

Baca Juga: Kim Jeffrey: Kemenangan PSS Sleman atas Persis Solo penting untuk laga selanjutnya di BRI Liga 1

Dari informasi saksi yang juga sama-sama ABK, peristiwa berawal saat subuh mereka berangkat melaut untuk menangkap ikan di perairan laut Sadeng.

Sekitar pukul 07.00 WIB, korban bermaksud buang air besar di galangan kapal. Saat tengah buang air besar itulah datang ombak besar dan mengantam bodi kapal berbobot 10 grosstwon (GT).

Akibat kejadian itu tubuh korban terpental dan jatuh ke laut hingga terbawa arus gelombang.

Baca Juga: Kecelakaan bus dan mobil di Nganjuk akibatkan 6 orang luka masih diselidiki penyebabnya

Informasi tersebut kemudian disampaikan Tim SAR Satlinmas Korwil I DIY dan dilakukan pencarian. "Namun karena terjadi gelombang tinggi, upaya pencarian terkendala cuaca," imbuhnya.

Halaman:

Editor: Husein Effendi

Tags

Artikel Terkait

Terkini

Gunung Anak Krakatau di Selat Sunda Kembali Erupsi

Kamis, 26 Januari 2023 | 08:00 WIB
X