Awas, Ada Longsor di Jalan Menuju Kawasan Wisata Karangtaraje di Lebak

- Sabtu, 14 Mei 2022 | 18:45 WIB
Ruas jalan menuju kawasan wisata Karangtaraje Kecamatan Bayah Kabupaten Lebak, Provinsi Banten, Jumat (13/5/2022) malam longsor setelah dilanda hujan lebat disertai angin kencang. (ANTARA/HO-Dok.BPBD Lebak)
Ruas jalan menuju kawasan wisata Karangtaraje Kecamatan Bayah Kabupaten Lebak, Provinsi Banten, Jumat (13/5/2022) malam longsor setelah dilanda hujan lebat disertai angin kencang. (ANTARA/HO-Dok.BPBD Lebak)

LEBAK, harianmerapi.com - Bagi yang sudah punya rencana untuk pergi berwisata di Karangtaraje sebaiknya berhati-hati.

Ada ruas jalan menuju kawasan wisata Karangtaraje Kecamatan Bayah Kabupaten Lebak, Provinsi Banten, yang longsor setelah dilanda hujan lebat disertai angin kencang, pada Jumat (13/5/2022) malam.

"Beruntung, longsoran dari tebing setinggi 10 meter itu tidak menimbulkan korban jiwa, namun terjadi kemacetan kendaraan," kata Wakil Bupati Lebak Ade Sumardi saat meninjau lokasi longsor di Lebak, Sabtu (14/5/2022).

Baca Juga: Tak Ada Kandidat Lain, 34 DPD dan 78 OKP Sepakat Haris Pertama Tetap Lanjutkan Pimpin KNPI

Pemerintah Kabupaten Lebak mengapresiasi PT Cemendo Gemilang, perusahaan semen di daerah itu mengatasi material longsor tersebut, sehingga kembali arus lalu lintas berjalan lancar.

Saat ini, ruas jalan menuju kawasan wisata pesisir Pantai Karangtaraje cukup ramai jelang liburan Hari Waisak, Senin (16/5).

Selama ini, kata dia, ruas jalan di Desa Sawarna Kecamatan Bayah khususnya menuju kawasan wisata pesisir pantai rawan longsor.

Karena itu, pemerintah daerah ke depan akan menangani longsoran itu dengan melakukan rehabilitasi penghijauan di lokasi rawan bencana alam tersebut.

Baca Juga: Ramalan Zodiak Sagitarius Besok 15 Mei 2022, Masalah dengan Kekasih Memanas, Seperti Menemui Jalan Buntu

Selain itu pihaknya meminta pengendara waspada jika cuaca buruk karena khawatir tertimpa material tanah longsor.

Pemerintah daerah cukup terbantu dengan adanya kepedulian PT Cemendo Gemilang yang cepat menangani longsoran itu dengan mengerahkan alat berat untuk membersihkan tumpukan tanah yang berada di badan jalan.

"Saya kira longsor terjadi karena hujan lebat berlangsung cukup lama hingga satu titik Desa Sawarna dan empat titik di Desa Darmasari yang kini bisa kembali normal, " katanya menjelaskan sebagaimana dikutip harianmerapi dari Antara.

Kepala Seksi Kedaruratan dan Logistik Badan Penanggulangan Bencana Daerah ( BPBD) Kabupaten Lebak Agus Reza Faisal mengatakan bencana longsor yang terjadi di Bayah akibat curah hujan di daerah itu cenderung meningkat.

Baca Juga: Pesugihan Kandang Bubrah 4: Jadi Tumbal Setelah Melanggar Pantangan Tidak Boleh Membersihkan Rumah

Saat ini, kata dia, memasuki kemarau basah, tetapi peluang hujan lebat sangat berpotensi di wilayah selatan Kabupaten Lebak.

"Kami minta warga tetap waspada jika terjadi cuaca buruk, karena di daerah selatan Lebak rawan longsor sehubungan banyak tebing dan perbukitan," katanya menjelaskan. *


Editor: Swasto Dayanto

Sumber: Antara

Tags

Artikel Terkait

Terkini

X