• Kamis, 6 Oktober 2022

Mahasiswa Sistem Informasi UKDW Yogyakarta kembangkan budi daya lobster di Pakem Sleman

- Selasa, 26 Juli 2022 | 21:04 WIB
Rosalia Natasha Ketua Tim Griya Pakem Jogjakarta. (Humas UKDW)
Rosalia Natasha Ketua Tim Griya Pakem Jogjakarta. (Humas UKDW)

HARIAN MERAPI - Pada masa pandemi Covid-19, keinginan mahasiswa untuk belajar berwirausaha dengan memaksimalkan peluang yang ada dan membangun kerja sama tim semakin meningkat.

Tim Griya Pakem Jogjakarta yang terdiri dari mahasiswa Sistem Informasi Angkatan 2019,

yakni Rosalia Natasha, Manuel Vallancio N, Hedwig Ghenis KP, dan Steven Singging S memutuskan untuk menekuni bidang perikanan yaitu budi daya lobster air tawar yang belum banyak diminati oleh pembudidaya.

Baca Juga: Tanamkan rasa cinta terhadap Bahasa Indonesia, Balai Bahasa DIY gelar UKBI di Kulon Progo

Kelompok ini pun fokus dalam hal budi daya, teknologi, pemasaran hingga rekapitulasi berkelanjutan.

Melihat peluang yang ada, tim ini lantas mengajukan proposal berjudul Wirausaha Budidaya Lobster Air Tawar Griya Pakem Jogjakarta dan berhasil meraih hibah Program Pembinaan Mahasiswa Wirausaha (P2MW) 2022 dari Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi (Kemendikbud Ristek).

Dimana program ini bertujuan untuk mendorong dan mencetak mahasiswa untuk menjalankan dan mengembangkan wirausaha serta meningkatkan program kewirausahaan di perguruan tinggi.

Rosalia Natasha selaku ketua tim menyampaikan lobster air tawar bisa dibudidayakan pada lahan minimalis dengan maksimal tebar 30 ekor per 1 m 2.

Baca Juga: Pengalaman misteri Fahmi menempati kamar rumah tua, muncul penampakan perempuan di cermin, ternyata ia ......

Hal ini memberikan keuntungan untuk pembudidaya dalam memanfaatkan lahan yang ada.

“Bulan Juni 2021 lalu, kami mulai menggunakan lahan menganggur milik keluarga saya, 2 kolam tanah berukuran 70m² di Dero Wetan, Harjobinangun, Pakem, Sleman,” tuturnya.

Kebutuhan konsumen terhadap lobster air tawar terbagi dalam tiga kategori yakni untuk konsumsi, pembudidaya lanjutan, hingga hewan hias.

Dari tiga kategori konsumen yang ada, permintaan pasar lokal masih tinggi sehingga menjadikan budidaya lobster air tawar memiliki peluang pemasaran yang cukup besar.

Halaman:

Editor: Swasto Dayanto

Tags

Artikel Terkait

Terkini

X