• Kamis, 7 Juli 2022

Lindungi Kekayaan Intelektual Karya Dosen dan Mahasiswa, UMBY Gandeng Dirjen KI Kemenkumham

- Senin, 21 Maret 2022 | 14:05 WIB
Prosesi penandatanganan MoU tentang Pelindungan dan Pemanfaatan Kekayaan Intelektual (KI) antara UMBY dengan DJKI Kemenkumham RI.  (Foto: Humas UMBY)
Prosesi penandatanganan MoU tentang Pelindungan dan Pemanfaatan Kekayaan Intelektual (KI) antara UMBY dengan DJKI Kemenkumham RI. (Foto: Humas UMBY)


JOGJA, harianmerapi.com – Kekayaan Intelektual (KI) atau lebih lengkapnya hak atas kekayaan intelektual (HKI) menjadi suatu hal urgensi, mengingat maraknya kasus plagiarisme, pembajakan serta pemalsuan terhadap hasil kreasi dan inovasi seperti seniman, musisi, hingga para akademisi.

Mengingat pentingnya KI tersebut, Universitas Mercu Buana Yogyakarta (UMBY) tanda tangani (MoU) tentang Pelindungan dan Pemanfaatan Kekayaan Intelektual dengan Direktorat Jenderal Kekayaan Intelektual (DJKI) Kementerian Hukum dan HAM (Kemenkumham) RI di Hotel Royal Ambarrukmo, akhir pekan lalu.

Kerja sama tersebut merupakan upaya UMBY untuk mewujudkan kemajuan KI yang meliputi pelindungan, pengembangan, dan pemanfaatan, serta pembinaan KI. Hal ini pun sejalan dengan program Menteri Hukum dan HAM RI, Yasonna H. Laoly untuk menjadikan KI sebagai pendukung pemulihan ekonomi nasional serta pendorong kemajuan ilmu pengetahuan dan pembangunan budaya.

Baca Juga: Wakil Rektor UMBY Dilantik, Diharapkan Terapkan ‘Keris’ dan Wujudkan Visi Angudi Mulyaning Bangsa

Razilu selaku Pelaksana Tugas Direktur Jenderal Kekayaan Intelektual (Plt. Dirjen Kekayaan Intelektual), sangat mendukung segala upaya dalam rangka kampanye pemajuan pelindungan terkait KI termasuk melalui kegiatan koordinasi antar stakeholder.

“Dengan adanya sinergi antara pemerintah dengan lembaga pendidikan, tentunya akan mempermudah pembangunan sistem Kekayaan Intelektual nasional secara merata di Indonesia,” tutur Razilu.

Diharapkan pula setelah penandatanganan MoU kerja sama tersebut, UMBY dapat secara aktif melahirkan dan menghasilkan karya-karya KI dengan terus berkreasi dan berinovasi. Hal senada diungkap pula Rektor UMBY, Dr Agus Slamet STP MP, bahwa UMBY sangat berkomitmen untuk mendorong tenaga pengajar/dosen maupun mahasiswa untuk berinovasi dan berkreasi menghasilkan karya-karya KI.

Baca Juga: Mahasiswa KKN UMBY Latih ‘Sri Widodo’ di Klaten Bikin Pupuk Kompos dari Gulma Jenis Siam

“Sesuai dengan semangat Angudi Mulyaning Bangsa, UMBY akan selalu mendorong para dosen dan mahasiswa untuk berinovasi dan menghasilkan karya-karya Kekayaan Intelektual, selain itu juga akan mengusahakan perlindungan hukum yang jelas terhadap karya-karya yang dihasilkan dosen dan mahasiswa tersebut melalui MoU,” ungkap Dr Agus Slamet.

Rektor yang dilantik 3 bulan lalu ini menambahkan, di UMBY, jumlah data Paten yang sudah Granted dan Paten yang masih dalam proses pengajuan (data dari tahun 2019 - 2022), yaitu Jumlah Paten Granted ada 3 (tiga), dan Jumlah Paten dalam Proses 7 (tujuh).

Halaman:

Editor: Herbangun Pangarso Aji

Tags

Artikel Terkait

Terkini

X