• Selasa, 25 Januari 2022

UPSI Malaysia dan UMBY Dampingi Budi Daya Ayam Kampung Semi Intensif di Seyegan

- Selasa, 23 November 2021 | 08:10 WIB
Penyerahan bantuan secara simbolis wujud induk ayam kampung kepada kelompok pembudidaya ayam kampung di Mriyan. (Foto : Dok Humas UMBY)
Penyerahan bantuan secara simbolis wujud induk ayam kampung kepada kelompok pembudidaya ayam kampung di Mriyan. (Foto : Dok Humas UMBY)

SLEMAN, harianmerapi.com – Universitas Pendidikan Sultan Idris (UPSI) Malaysia dan Universitas Mercu Buana Yogyakarta (UMBY) biasa berkolaborasi dalam program pemberdayaan masyarakat.

Satu di antaranya melaksanakan program pelatihan dan pendampingan budi daya ayam kampung bagi 15 peternak ayam kampung yang tercatat sebagai Kelompok Program Keluarga Harapan (PKH) di Mriyan Margomulyo Seyegan SlemaBaca Juga: Shio Ular Punya Kemampuan Bisnis yang Baik, Simak Karakter yang Lainnyan.

Saat digelar pelatihan budi daya ayam kampung secara semi intensif, baru-baru ini, antara lain hadir Ketua Tim Pengabdian pada Masyarakat Program Studi Peternakan, Fakultas Agroindustri UMBY, Dr Ir Sri Hartati Candra Dewi MSi.

Baca Juga: Rumahku Bukan Surgaku 13: Tidak Tenang Pulang Sudah Berbadan Dua

“Dengan adanya pelatihan dan pendampingan tersebut dimaksudkan untuk meningkatkan pendapatan warga PKH melalui penerapan integrasi antara budi daya ayam kampung semi intensif dan budi daya tanaman empon-empon,” terang Sri Hartati.

Hadir pula secara daring seperti Dekan FPE UPSI Profesor Madya Dr Mohd Asri dan Tim Pengabdian Masyarakat UPSI, Dr Fazhana Ismail dan Dr Zuriadah Ismail.

Menurut Dr Fazhana, model perkawinan ayam kampung di Malaysia pada saat ini mulai berkembang dengan teknik inseminasi buatan.

Baca Juga: Klasmen Grup A Liga 2 Usai PSMS Kalahkan PSPS: PSMS Lolos 8 Besar, Semen Padang Terjun ke Dasar Klasmen

“Teknik inseminasi buatan mempunyai beberapa keuntungan seperti mengurangi risiko penyakit, melestarikan ayam unggul dan menghemat pejantan,” paparnya.

Sementara itu salah satu Tim Pengabdian pada Masyarakat dari UMBY, Ir FX Suwarta MP mengatakan, model pemeliharaan ayam kampung dengan cara semi intensif, yaitu dengan cara mengandangkan, memberikan vaksinasi, dan menggunakan pakan yang mutunya baik.

Halaman:

Editor: Swasto Dayanto

Tags

Terkini

X