• Jumat, 22 Oktober 2021

12 Oktober Sebagai Hari Museum Nasional, Begini Sejarah Penetapannya

- Selasa, 12 Oktober 2021 | 05:59 WIB
Tanggal 12 Oktober sebagai Hari Museum Nasional. (Foto: Arsip Museum Nasional)
Tanggal 12 Oktober sebagai Hari Museum Nasional. (Foto: Arsip Museum Nasional)

harianmerapi.com – Setiap tanggal 12 Oktober selalu diperingati sebagai Hari Museum Nasional. Mungkin Hari Museum Nasional tidak begitu populer bagi sebagian orang, namun sejarahnya begitu panjang hingga tanggal 12 oktober ditetapkan sebagai Hari Museum Nasional.

Keberadaan museum sangat penting bagi Bangsa Indonesia, pasalnya ilmu sejarah dan peradaban Republik Indonesia banyak disimpan di museum. Sehingga wajar jika kemudian ditetapkannya 12 Oktober sebagai Hari Museum Nasional.

Museum dalam beberapa tahun terakhir berupaya mendekatkan diri kepada masyarakat dengan tujuan memberikan edukasi tentang sejarah dan peninggalannya.

Baca Juga: Indonesia Susah Payah Kalahkan Thailand 3-2, Shesar Jadi Penentu Kemenangan

Dalam sejarahnya, Hari Museum Nasional ini berawal dari Musyawarah Museum se-Indonesia (MMI) tanggal 12-14 Oktober 1962. Dikutip dari laman Kemendikbud RI, musyawarah museum pertama itu diselenggarakan di Yogyakarta.

Namun dalam musyawarah itu belum ditetapkan 12 Oktober sebagai Hari Museum Nasional. Namun musyawarah itu menghasilkan 10 resolusi museum.

10 resolusi museum yang dihasilkan saat itu adalah:

Baca Juga: Ramalan Zodiak Hari Ini 12 Oktober 2021: Taurus Saling Membutuhkan, Virgo Mendapati Perilaku Aneh Pasangannya

1. Perlunya undang-undang permuseuman

2. Dibentuknya Badan Musyawarah Museum Indonesia

Halaman:

Editor: Swasto Dayanto

Tags

Terkini

Musyawarah Tingkatkan Kualitas Prodi Teknik Mesin

Selasa, 12 Oktober 2021 | 17:20 WIB
X