• Selasa, 19 Oktober 2021

PMI Kota Magelang Sudah Buka Pelayanan Donor Plasma Konvalesen

- Senin, 23 Agustus 2021 | 06:43 WIB
Wali Kota Magelang Muchamad Nur Aziz (tengah) meninjau sarana dan prasarana pelayanan PMI Kota Magelang. (FOTO ANTARA/HO-Bagian Prokompim Pemkot Magelang)
Wali Kota Magelang Muchamad Nur Aziz (tengah) meninjau sarana dan prasarana pelayanan PMI Kota Magelang. (FOTO ANTARA/HO-Bagian Prokompim Pemkot Magelang)

MAGELANG, harianmerapi.com - Palang Merah Indonesia (PMI) Kota Magelang kini sudah mulai membuka pelayanan donor plasma konvalesen, setelah dilakukan berbagai persiapan sarana dan prasarana pendukung pengembangan layanan tersebut.

Disampaikan Kepala Unit Donor Darah (UDD) PMI Kota Magelang dr Bramantyo Angga Kesuma dalam keterangan tertulis yang diterima di Magelang, Senin (23/8/2021), bahwa pihaknya mulai Minggu (22/8/2021) melakukan proses pengambilan donor dengan enam kantong yang disiapkan untuk selanjutnya dilakukan beberapa proses pemeriksaan sehingga hasilnya siap digunakan pada Senin (23/8/2021) sore.

"Saat ini sudah ada enam kantong yang siap untuk memenuhi permintaan. Pelayanan dimulai sore hari ini (23/8/2021). Ada beberapa proses pemeriksaan terlebih dahulu sebelum plasma konvalensn dapat dipakai oleh pasien," katanya.

Baca Juga: Satgas TNI dan Warga Tanam Pohon di Pinggiran Sungai Walesi untuk Cegah Longsor

Ia menjelaskan donor darah plasma konvalesen salah satu metode imunisasi pasif yang dilakukan dengan memberikan plasma orang yang telah sembuh dari Covid-19 kepada pasien virus yang sedang dirawat.

Hal itu, katanya, sebagai terapi tambahan bagi pasien Covid-19 dengan mengajak orang yang telah sembuh dari virus tersebut untuk menjadi pendonor plasma.

"Pasien yang membutuhkan bisa langsung ajukan permintaan ke kami. Untuk pemberiannya tergantung ketersediaan stok. Kalau tidak ada stok maka kami akan coba carikan pendonornya," katanya.

Baca Juga: Sempat Percaya Diri Tak Tertular, Dedi Corbuzier Jelaskan Ganasnya Serangan Covid-19

Pihaknya sudah menjadwalkan donor plasma konvalesen setiap Selasa, Rabu, Sabtu, dan Minggu, pukul 08.00-21.00 WIB. Pendonor datang langsung ke UDD PMI Kota Magelang sambil membawa "print out" atau foto kopi hasil tes usap positif dan hasil tes usap negatif atau surat keterangan selesai isolasi.

"Nanti di UDD kami akan lakukan beberapa pemeriksaan awal. Apabila memenuhi syarat maka lanjut ke proses donor. Karena keterbatasan alat, kami juga mengirimkan beberapa pemeriksaan ke UDD PMI Kota Semarang," katanya.

Halaman:

Editor: Swasto Dayanto

Sumber: Antara

Tags

Terkini

X