• Kamis, 30 Juni 2022

Orang dengan Gangguan Jiwa di Bantul Juga Jadi Sasaran Vaksin

- Minggu, 22 Agustus 2021 | 13:35 WIB
ODGJ di Bantul mendapat suntikan vaksin.  (Istimewa)
ODGJ di Bantul mendapat suntikan vaksin. (Istimewa)

BANTUL, harianmerapi.com - Orang dengan gangguan jiwa (ODGJ) di Bantul mulai mendapatkan vaksin. Mereka menjadi sasaran vaksinasi yang dilakukan Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Bantul. Setidaknya 30 ODGJ mengikuti vaksinasi pertamakali di Puskesmas Bambanglipuro, Sabtu (23/8/2021).

Kepala Puskesmas Bambanglipuro, dr. Tarsisius Glory mengakui jika vaksinasi yang dilaksanakan merupakan vaksinasi pertama di Bantul bagi ODGJ. Setelah dilakukan di Bambanglipuro, Glory menyebut vaksinasi untuk ODGJ akan dilakukan selanjutnya di puskesmas dan sentra vaksin lainnya.

"Iya, kemarin itu yang pertama. Nanti puskesmas lainnya juga melaksanakan untuk ODGJ," ungkapnya.

Glory menyebut terdapat sekitar 50 orang di Kapanewon Bambanglipuro yang tercatat mengalami gangguan jiwa. Hanya saja menurutnya, sementara sasaran vaksinasi kali ini hanya kepada 30 orang. ODGJ yang menerima suntikan vaksin dosis pertama ini adalah ODGJ dalam kondisi sehat, tidak panik maupun gelisah.

Baca Juga: Bertanam Sayur Hidroponik di Masa Pandemi Covid-19, Berbagi Kesegaran untuk Kesehatan

"Vaksinnya kita menggunakan vaksin Sinopharm yang merupakan vaksin "singgle use" satu orang satu," jelas Glory.

Tahapan vaksinasi disebutnya seperti vaksinasi Covid-19 biasanya. Sebelum disuntik vaksin, dilaksanakan screening kesehatan. Glory mengaku sejauh ini tidak ada kendala yang berarti untuk mengajak ODGJ melakukan vaksinasi. Setiap ODGJ akan didampingi oleh orang keluarga atau pendamping yang ditunjuk.

"Biasanya ada pihak keluarga yang akan mendampingi saat mereka (ODGJ) dilakukan," terangnya.

Baca Juga: Pemerintah Akan Gencarkan Vaksinasi untuk Capai Herd Immunity

Bagi ODGJ yang saat ini belum bisa menjalani vaksinasi di puskesmas nantinya petugas nakes dari puskesmas akan berkeliling menemui ODGJ untuk divaksin di rumah mereka masing-masing. Sehingga nanti seluruh sasaran bisa tetap mendapatkan vaksin secara merata.

Halaman:

Editor: Swasto Dayanto

Tags

Terkini

X