• Selasa, 16 Agustus 2022

Jateng Perkenalkan Aplikasi E-Makaryo untuk Mempermudah Akses Lowongan Kerja

- Jumat, 6 Agustus 2021 | 15:43 WIB
Sejumlah pencari kerja memadati gerai pameran pada UNS Solo Job Fair XIX di Solo, Jawa Tengah, Rabu (10/4/2019).  (ANTARA FOTO/Maulana Surya)
Sejumlah pencari kerja memadati gerai pameran pada UNS Solo Job Fair XIX di Solo, Jawa Tengah, Rabu (10/4/2019). (ANTARA FOTO/Maulana Surya)

SEMARANG, harianmerapi.com - Dinas Tenaga Kerja dan Transmigrasi Provinsi Jawa Tengah (Jateng) memperkenalkan aplikasi E-Makaryo yang bertujuan mempermudah masyarakat, khususnya pencari kerja mengakses ribuan lowongan kerja saat pandemi Covid-19.

Aplikasi ini menurut Kepala Dinas Tenaga Kerja dan Transmigrasi Provinsi Jateng Sakina Rosellasari, aplikasi ini merupakan pengembangan dari bursa kerja online.

"Aplikasi ini dibuat sesederhana mungkin agar dapat diakses oleh semua kalangan," katanya di Semarang, Jumat (6/8/2021).

Menurut dia, E-Makaryo merupakan ikhtiar agar para pencari kerja tetap terhubung dengan penyedia kerja saat penerapan pembatasan kegiatan masyarakat.

Baca Juga: Meskipun Pertumbuhan Ekonomi Mencapai 7,07 Persen, Tapi Serapan Kerja Masih Rendah Kata Pengamat

Melalui aplikasi ini, dirinya berharap dapat mengurangi pengangguran terbuka di Provinsi Jateng.

"Pandemi Covid-19 menyebabkan tingkat pengangguran terbuka di Jateng naik turun. Sebelum pandemi sekitar 800 ribu, pada 2020 meningkat menjadi 1.200.010 orang, di triwulan pertama 2021 turun 1,1 juta orang. Ini ada PPKM juga kita melakukan pendekatan hubungan industrial agar tidak ada PHK," ujarnya.

Kendati demikian, Sakina mengungkapkan banyak perusahaan padat karya justru membuka lowongan kerja saat pandemi Covid-19.

Ia mengakui sektor perusahaan padat karya memang terimbas kebijakan pembatasan kegiatan masyarakat, namun di sisi lain permintaan produk dari luar negeri justru terus mengalir.

Halaman:

Editor: Husein Effendi

Sumber: Antara

Tags

Artikel Terkait

Terkini

X