Menko Airlangga berikan 'wake-up call' bagi riset dan inovasi pada industri farmasi dan kesehatan

- Sabtu, 3 Desember 2022 | 14:04 WIB
Menteri Koordinator Bidang Perekonomian Airlangga Hartarto (Kemenko Bidang Perekonomian)
Menteri Koordinator Bidang Perekonomian Airlangga Hartarto (Kemenko Bidang Perekonomian)

HARIAN MERAPI - Pertumbuhan perekonomian nasional terus membaik dan pada kuartal ke-3 2022 tercatat impresif sebesar 5,72% (yoy).

Kondisi ini seiring dengan melandainya pandemi Covid-19, yang hingga kini penanganannya masih terus dilakukan Pemerintah,

termasuk dengan mengupayakan ketersediaan dan keamanan vaksin Covid-19 di dalam negeri untuk mencapai target herd immunity.

Baca Juga: Kelurahan Kumpulrejo gelar donor darah, dihadiri Walikota Salatiga dua periode

Indonesia telah memproduksi dua vaksin di dalam negeri yakni vaksin Indovac yang dikembangkan PT Bio Farma dan Baylor College of Medicine serta vaksin Inavac yang dikembangkan tim peneliti dari Universitas Airlangga bekerjasama dengan PT Biotis Pharmaceutical Indonesia.

Keduanya telah diluncurkan dan telah mengantongi Emergency Use Authorization (EUA) dari BPOM.

“Ini adalah wake-up call bahwa riset dan inovasi itu menjadi sangat penting terutama untuk industri farmasi dan kesehatan,” ungkap Menteri Koordinator Bidang Perekonomian Airlangga Hartarto yang hadir secara virtual pada acara National Action Event yang diselenggarakan
oleh Asian Medical Students' Association-Universitas Indonesia (AMSA-UI), Jumat (2/12/2022).

Menko Airlangga juga menyinggung sebaran HIV/AIDS yang telah mencapai 519.158 kasus pada Juni 2022 dan paling banyak terjadi pada usia produktif.

Baca Juga: Pele dilarikan ke rumah sakit, dokter : Dia mengalami infeksi pernapasan

Hal tersebut menjadi penting bagi mahasiswa kedokteran dan calon dokter untuk mengkampanyekan pencegahan dan peningkatan akses pelayanan kesehatan bagi orang yang terdampak HIV/AIDS, khususnya anak-anak yang menjadi penentu masa depan bangsa.

Halaman:

Editor: Swasto Dayanto

Tags

Artikel Terkait

Terkini

X