BPIP gelar penganugerahan Ikon Prestasi Pancasila Tahun 2022 di Jogja, ada kirab Pancasila di Malioboro

- Sabtu, 3 Desember 2022 | 13:19 WIB
BPIP menggelar Penganugerahan Ikon Prestasi Pancasila  (Foto: dokumentasi BPIP)
BPIP menggelar Penganugerahan Ikon Prestasi Pancasila (Foto: dokumentasi BPIP)


HARIAN MERAPI-Badan Pembinaan Ideologi Pancasila (BPIP) menyusun kegiatan tahunan Penganugerahan Ikon Prestasi Pancasila yang dimaksudkan sebagai apresiasi terhadap putra-putri terbaik di seluruh penjuru tanah air yang senantiasa gigih berkarya dan menorehkan prestasi yang berdampak baik bagi negara dan bangsa Indonesia. Acara pncak akan digelar di Jogja pada 3 dan 4 Desember 2022.

Dalam siaran pers yang diterima harianmerapi.com Sabtu (3/12/2022), para peraih Ikon Prestasi Pancasila juga diharapkan dapat menjadi mitra strategis bagi Badan Pembinaan Ideologi Pancasila dalam setiap upaya pembumian nilai-nilai Pancasila yang teraktualisasi dalam laku hidupnya sehingga mampu menjadi inspirasi nyata di seluruh lapisan masyarakat.

Kegiatan ini dimulai sejak tahun 2017 oleh Unit Kerja Presiden Pembinaan Ideologi Pancasila (UKP-PIP) dengan memilih sejumlah 72 Ikon Prestasi Pancasila yang bertepatan dengan angka tahun peringatan Hari Kemerdekaan Negara Republik Indonesia tanggal 17 Agustus 1945.

Baca Juga: Ramalan zodiak Gemini 4 Desember 2022, jangan ragu ganti pekerjaan, kesempatan sukses menanti

"Sehubungan dengan masa peralihan dan revitalisasi organisasi menjadi Badan Pembinaan Ideologi Pancasila (BPIP), penyelenggaraan kegiatan Ikon Prestasi Pancasila baru kembali diselenggarakan pada tahun 2019 dengan memilih sejumlah 74 Ikon. Kemudian secara berturut-turut mengiringi momentum perayaan Hari Kemerdekaan dengan memilih 75 Ikon di tahun 2020, dan pada tahun 2021 memilih 76 Ikon Prestasi Pancasila," ujar keterangan di rilis yang dikeluarkan BPIP.

Tahun 2022 ini penyelenggaraan Ikon Prestasi Pancasila akan dilangsungkan dengan memilih 45 Ikon Prestasi Pancasila baik individu, kelompok, maupun komunitas yang dipilah dalam lima kategori, yakni: Sains dan Inovasi, Olahraga, Seni dan Budaya, Kewirausahaan Sosial, serta Tokoh dan Penggerak Lintas Iman, yang dapat mencerminkan semangat perjuangan atau elan Manusia Indonesia dengan menunjukkan suatu inspirasi keteladanan bagi seluruh elemen bangsa untuk menguatkan rasa bangga dan cinta pada tanah air Indonesia.

"Ikon Prestasi Pancasila sendiri merupakan wujud pribadi, kelompok, maupun komunitas yang melaksanakan Pancasila dalam tindakan, dan dilakukan secara tulus dan konsisten, baik dicerminkan melalui karya, prestasi nasional, maupun internasional. Adapun selain melalui proses yang ketat dalam penjaringan, seleksi oleh Tim Juri yang independent dan kapabel, serta kesediaan menandatangani Pakta Integritas," sebutnya.

Baca Juga: Horoskop peruntungan Shio Naga sepekan 4 - 10 Desember 2022, melihat banyak hal dengan lebih jelas

Para kandidat peraih Ikon Prestasi Pancasila tersebut juga harus memenuhi beberapa kriteria, sebagai berikut:

1. Warga Negara Indonesia dan Memiliki rekam jejak yang positif;
2. Memiliki prestasi atau karya yang inovatif dan inspiratif;
3. Prestasi atau karyanya diakui oleh masyarakat, bangsa, dan negara dan/atau internasional;
4. Karya atau tindakan yang memiliki dampak positif dan bermanfaat bagi bangsa dan negara;

Halaman:

Editor: Herbangun Pangarso Aji

Tags

Artikel Terkait

Terkini

X