Cerita seniman Pati dapat kesempatan langka menghias kamar Joe Biden: tegang banget

- Sabtu, 26 November 2022 | 15:45 WIB
Seniman Budiyono ikut mensukseskan G20 Bali (Foto: Alwi Alaydrus)
Seniman Budiyono ikut mensukseskan G20 Bali (Foto: Alwi Alaydrus)

HARIAN MERAPI-Dunia internasional mengakui kesukseskan G20 Bali. Perhelatan terbesar di Indonesia yang berlangsung pada pertengahan bulan November 2022 tersebut, sempat mempertemukan 16 tokoh dunia tersebut, berlangsung sangat sukses.

Namun di balik sukses Indonesia, tak banyak yang tahu, jika salah satu penyokong keberhasilan adalah dari karya seniman Budiyono (40), warga Rt 10 Rw 15 desa Sirahan kecamatan Cluwak, Pati (Jateng).

Bapak dua anak tersebut, adalah yang menghias ruang rapat utama G20, kamar presiden-presiden, dan pimpinan dunia lainnya. Serta mencetak logo G20, membuat peta ruang rapat, menghias jalan menuju patung GWK, menata hotel tempat acara G20 berlangsung.

"Property seni untuk menghias suasana G20, harus diangkut 6 treller dari Jakarta" ucap Budiyono, Sabtu (26/11/2022).

Baca Juga: Merasa laporan belum diproses sejak 2021, korban penelantaran anak minta polisi gerak cepat

Ditemui di rumahnya di desa Sirahan, Budiyono mengungkapkan, untuk menyiapkan property diperlukan waktu 2 bulan. Kemudian pengerjaan dan pemasangan konstruksi dan instalasi di sejumlah titik yang ditentukan, diperlukan waktu hingga 2 minggu.

"Yang paling tegang adalah saat menggarap kamar yang akan ditempati Presiden AS Joe Biden. Karena kami diawasi tim keamanan secara ketat," tutur Budiyono mengenang peristiwa yang tidak akan dilupakan seumur hidupnya.

Selain itu, tambahnya lagi, saat mendekati hari H gelaran G20 Bali, semua karya seninya, juga dicek secara langsung penanggungjawab even, Luhut Binsar Panjaitan, dan presiden Joko Widodo.

Baca Juga: Dampak hujan deras ada 9 kejadian longsor, ini daftar lengkap titik bencana banjir dan longsor di Bantul

Budiyono membenarkan karya seninya, yakni menghias ruang pertemuan, aula dan rumah kelas mewah, semakin berjaya.

Halaman:

Editor: Herbangun Pangarso Aji

Tags

Artikel Terkait

Terkini

X