Suhu politik jelang Pilpres mulai memanas di DIY, Aliansi Rakyat Anti Politik Identitas serukan aksi damai

- Rabu, 16 November 2022 | 16:50 WIB
Massa aksi Sikatlindas membentangkan spanduk dalam aksi damai di kawasan Titik Nol Kilometer Yogyakarta, Rabu (16/11/2022), di bawah guyuran hujan lebat.  (Istimewa)
Massa aksi Sikatlindas membentangkan spanduk dalam aksi damai di kawasan Titik Nol Kilometer Yogyakarta, Rabu (16/11/2022), di bawah guyuran hujan lebat. (Istimewa)

HARIAN MERAPI – Puluhan mahasiswa dari berbagai perguruan tinggi di Yogyakarta dan aktivis sosial budaya yang tergabung dalam Aliansi Rakyat Anti Politik Identitas (Sikatlindas) menggelar aksi damai di kawasan Titik Nol Kilometer Yogyakarta, Rabu (16/11/2022) siang.

Dalam aksinya, mereka menyerukan kepada masyarakat Daerah Istimewa Yogyakarta (DIY) agar mewaspadai munculnya kelompok-kelompok pendukung Calon Presiden (Capres) yang hendak memecah belah persatuan bangsa dengan politik identitas.

Koordinator Lapangan aksi Sikatlindas, Agung Budayawan mengatakan, meskipun Pemilihan Umum (Pemilu) dan Pemilihan Presiden (Pilpres) digelar pada tahun 2024, namun suhu politik saat ini sudah mulai memanas.

Baca Juga: Ajak warga Jogja ciptakan keamanan serta ketertiban jelang Pemilu 2024, FKJR dan AMJB apel bersama di Monjali

Nama Capres yang diusung partai politik dan banyak kelompok yang mendeklarasikan dukungan kepada Capres sudah muncul.

“Namun di sisi lain, politisasi agama juga mulai mencuat. Proses politik yang menghalalkan segala cara seperti itu berpeluang merobek persatuan anak-anak bangsa yang berdampak menjadi konflik sosial,” kata Agung dalam keterangannya yang diterima Harian Merapi, Rabu (16/11).

Agung menjelaskan, Sikatlindas bukanlah pendukung dari salah satu Capres. Namun demikian, tidak menginginkan dalam momentum Pilpres mendatang ada politik identitas.

Ia mengingatkan, politisasi agama dan politik identitas yang mewarnai Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) DKI Jakarta 2017 silam menjadi pelajaran agar jangan sampai terulang dalam Pilpres 2024 mendatang. 

Baca Juga: Pendekar Indonesia dukung Andika Perkasa maju Pilpres 2024

Halaman:

Editor: Sutriono

Tags

Artikel Terkait

Terkini

X