• Kamis, 8 Desember 2022

Menlu Retno Marsudi dorong kesetaraan vaksin dan kesiapsiagaan hadapi pandemi

- Kamis, 29 September 2022 | 09:45 WIB
Arsip - Menteri Luar Negeri RI Retno Marsudi memimpin pertemuan "COVAX Advance Market Commitment Engagement Group" (AMC EG) yang berlangsung secara virtual (8/6/2022).  (ANTARA/HO-Kemlu RI)
Arsip - Menteri Luar Negeri RI Retno Marsudi memimpin pertemuan "COVAX Advance Market Commitment Engagement Group" (AMC EG) yang berlangsung secara virtual (8/6/2022). (ANTARA/HO-Kemlu RI)


HARIAN MERAPI - Pandemi Covid-19 yang melanda dunia, termasuk Indonesia belum juga berakhir.


Berkaitan itu, Menteri Luar Negeri Retno Marsudi mendorong adanya kesetaraan vaksin dan kesiapsiagaan menghadapi pandemi di masa depan.


Hal itu ia sampaikan saat memimpin pertemuan COVAX Advance Market Commitment Engagement Group (AMC-EG) pada Rabu (28/9).

Baca Juga: Tahapan Pemilu 2024 sudah dimulai, Pemkot Magelang ingatkan ASN netral

Pandemi COVID-19 memang belum selesai, tetapi akhir dari pandemi sudah tampak di depan mata,” kata Retno dalam pertemuan tersebut, seperti disampaikan melalui keterangan tertulis Kemlu RI.

Untuk menuju akhir pandemi, Menlu Retno menyampaikan solusi jangka pendek, yaitu agar COVAX AMC-EG terus mengatasi kesenjangan vaksin, antara lain dengan memperkuat kampanye vaksinasi, terutama di negara-negara dengan tingkat vaksinasi yang rendah.

Solusi jangka panjang yang dia paparkan adalah pentingnya mengubah pola pikir dari “gawat darurat" menjadi “siap siaga" untuk merespons pandemi di masa depan.

Baca Juga: Peruntungan Shio Kelinci Jumat 30 September 2022, gelombang emosi dapat menyebabkan ledakan..................

Retno juga menekankan pentingnya terus mendorong solidaritas global dan memastikan akses setara terhadap solusi medis, terutama bagi negara berkembang.

Halaman:

Editor: Hudono

Sumber: Antara

Tags

Terkini

Apa itu KTT G20 yang akan berlangsung di Bali?

Rabu, 9 November 2022 | 10:30 WIB

Elon Musk bantah pecat karyawan Twitter

Senin, 31 Oktober 2022 | 12:50 WIB
X