• Selasa, 9 Agustus 2022

Tidak Perlu Panik, Pemkab Pastikan Wabah PMK di Kulon Progo Terkendali

- Selasa, 14 Juni 2022 | 19:40 WIB
Rakor Forkompinda terkait Dukungan Kebijakan Penanggulangan PMK di Ruang Menoreh. (Foto: Amin Kuntari)
Rakor Forkompinda terkait Dukungan Kebijakan Penanggulangan PMK di Ruang Menoreh. (Foto: Amin Kuntari)

KULON PROGO, harianmerapi.com - Pemkab Kulon Progo memastikan wabah Penyakit Mulut dan Kuku (PMK) pada hewan ternak masih terkendali sehingga tidak akan menggangu kesiapan hewan kurban di wilayah ini.

Masyarakat kemudian diminta tidak takut dan panik, namun tetap melaporkan ke dinas apabila hewan ternaknya terindikasi mengidap PMK.

Pj Bupati Kulon Progo, Tri Saktiyana mengatakan, Pemkab melalui Dinas Pertanian dan Pangan (DPP) setempat telah mengambil langkah-langkah penangangan terkait wabah PMK yang terjadi di Kulon Progo. Karenanya, sampai saat ini wabah tersebut masih bisa dikendalikan dengan baik.

Baca Juga: Banyak E-Commerce Lakukan Strategi Predatory Pricing, Teten : Itu Membunuh UMKM

"Meski demikian, masih diperlukan sosialiasi dan edukasi yang lebih luas kepada masyarakat terkait penanganan PMK untuk mencegah penularan serta kepanikan di tengah masyarakat. Sebab, ada orang yang sangat-sangat takut dan panik namun ada juga yang menganggap biasa saja. Perlu dijelaskan, PMK tidak akan menular kepada manusia namun interaksi manusianya lah yang bisa menularkan antar sapi," terang Tri Saktiyana dalam Rakor Forkompinda terkait Dukungan Kebijakan Penanggulangan PMK di Ruang Menoreh, Selasa (14/6/2022).

Terkait pelaksanaan kurban dan pemotongan hewan dalam situasi wabah PMK, lanjutnya, Pemkab juga telah menyiapkan pengendalian yang lebih ketat terhadap lalu lintas keluar masuk hewan dari luar wilayah.

Hal ini bertujuan untuk mencegah hewan rentan PMK masuk ke Kulon Progo. Selain itu, pada proses pemotongan hewan kurban nanti juga akan ada pendampingan dari DPP dan Fakultas Kedokteran Hewan UGM untuk memantau dan mendampingi proses pemotongan di titik-titik penyembelihan hewan.

Baca Juga: BMKG Prakirakan Terjadi Rob di Pesisir Selatan Yogyakarta, Waktunya Selama Seminggu ke Depan

"Lalu lintas hewan antar wilayah akan dipantau lebih ketat lagi. Hewan masuk Kulon Progo harus ada rekomendasi surat kesehatan hewan dari instansi terkait asal hewan," imbuh Tri.

Sementara itu, Kepala DPP Kulon Progo, Muh Aris Nugroho menyampaikan, wabah PMK di Kulon Progo masih terkendali. Hingga 13 Juni 2022, tercatat 307 kasus PMK di Kulon Progo yang mayoritas kasus tersentral dalam satu kandang atau peternakan. Selain itu, tingkat kesembuhan mencapai 40 ekor.

Halaman:

Editor: Widyo Suprayogi

Tags

Artikel Terkait

Terkini

Enam pejabat Kulon Progo berebut kursi Sekda

Rabu, 3 Agustus 2022 | 19:30 WIB
X