• Kamis, 18 Agustus 2022

BMKG Prakirakan Terjadi Rob di Pesisir Selatan Yogyakarta, Waktunya Selama Seminggu ke Depan

- Selasa, 14 Juni 2022 | 18:28 WIB
Sejumlah warga berjalan menghindari gelombang air laut di pesisir pantai Utara, Pekalongan, Jawa Tengah, Senin (23/5/2022).  (ANTARA FOTO/Harviyan Perdana Putra)
Sejumlah warga berjalan menghindari gelombang air laut di pesisir pantai Utara, Pekalongan, Jawa Tengah, Senin (23/5/2022). (ANTARA FOTO/Harviyan Perdana Putra)

JOGJA, harianmerapi.com - Pesisir selatan Yogyakarta mulai 14 hingga 23 Juni 2022 berpotensi terjadi rob, namun dampaknya tidak seperti yang biasa terjadi di Pantai Utara (Pantura) Jawa.

Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG) Yogyakarta memprakirakan adanya potensi rob yang terjadi di sepanjang pesisir selatan Yogyakarta.

"Karena kita daratannya lebih tinggi dari muka air laut sehingga rob yang terjadi di selatan DIY beda dengan yang terjadi di Jawa Tengah bagian utara," kata Kepala Kelompok Data Analisis Prakirawan BMKG Yogyakarta Romadi saat dikonfirmasi di Yogyakarta, Selasa (14/6/2022).

Baca Juga: Gibran Urung Nyekar di Makam Mantan Walikota Surakarta di Temanggung

Ia menuturkan dampak rob di pesisir selatan Yogyakarta bakal memiliki jangkauan yang bervariasi menyesuaikan ketinggian daratan.

"Kalau seperti di Pantai Samas itu lebih pendek mungkin jangkauannya akan lebih jauh," ujar dia.

Meski berpotensi memicu abrasi atau kerusakan di sepanjang garis pantai, ia memastikan gelombang rob tersebut tidak sampai menjangkau permukiman warga.

Baca Juga: Kisah Nyata Kebaikan Hati Seorang SPG dan Nyaris Celaka Saat Mancing di Rawa Pening

"DIY ini antara permukaan air laut dengan daratan alhamdulillah lebih tinggi daratan sehingga rob tersebut tidak akan sampai menjangkau permukiman," ujar dia.

Ia juga meminta masyarakat yang beraktivitas di sepanjang pantai selatan, khususnya para wisatawan serta nelayan, untuk meningkatkan kewaspadaan terhadap dampak rob.

Halaman:

Editor: Widyo Suprayogi

Sumber: Antara

Tags

Artikel Terkait

Terkini

X