• Selasa, 16 Agustus 2022

Gandeng Pemkab dan Masyarakat, UGM Kembangkan Tiga Potensi Kulon Progo, Ini Potensi yang Digarap

- Rabu, 1 Juni 2022 | 14:55 WIB
Pelaksanaan Ideathon 2022 dengan tema 'Jogja Open Innovation for Community Enhancement' di Gedung FRC UGM.  (Amin Kuntari)
Pelaksanaan Ideathon 2022 dengan tema 'Jogja Open Innovation for Community Enhancement' di Gedung FRC UGM. (Amin Kuntari)

KULON PROGO, harianmerapi.com - Tiga potensi di Kulon Progo yakni Smart Agriculture, Goat Milk dan Wood Pellet menjadi fokus pengembangan teknologi yang dilakukan UGM bekerjasama dengan Pemkab dan masyarakat setempat.

Kerjasama yang memanfaatkan Field Research Center (FRC) UGM ini diharapkan bisa berujung pada peningkatan kesejahteraan masyarakat Kulon Progo.

Wakil Rektor UGM, Prof Dr Ir Djagal Wiseso Marseno M Agr mengatakan, di Kulon Progo tepatnya di Punukan, Wates, telah didirikan bangunan FRC UGM lengkap dengan berbagai fasilitas.

Baca Juga: Dua Bocah Asal Semarang Telantar di Pantai Congot Kulon Progo Usai Diajak Kakaknya Ketemuan dengan Cowok

Bangunan ini berfungsi sebagai tempat inkubasi berbagai teknologi antara lain pengolahan kakao, wood pellet, pengolahan susu kambing dan teknologi lain yang sinergi dengan kebutuhan masyarakat khususnya Kulon Progo.

"FRC diharapkan bisa menjadi kawasan candradimuka pengembangan pengetahuan dari UGM ke masyarakat bersama Pemkab," katanya.

"Ada empat pihak yang bekerjasama yakni akademisi, bisnis atau industri, pemerintah dan komunitas atau masyarakat. Hasil penelitian dan inovasi yang dilakukan UGM bisa diadopsi masyarakat untuk meningkatkan pendapatan," kata Prof Djagal.

Baca Juga: Sungai Bogowonto Meluap, Banjir Purworejo Genangi Banyak Desa, Ini Prediksi Kapan Air Surut

UGM sebagai institusi pendidikan, lanjutnya, berperan mempercepat pengembangan SDM di Kulon Progo dan DIY untuk meningkatkan kualitas produk lokal khususnya pertanian dan peternakan.

Halaman:

Editor: Husein Effendi

Tags

Artikel Terkait

Terkini

Baznas Kulon Progo serahkan santunan anak yatim

Selasa, 9 Agustus 2022 | 21:50 WIB

Enam pejabat Kulon Progo berebut kursi Sekda

Rabu, 3 Agustus 2022 | 19:30 WIB
X