• Selasa, 16 Agustus 2022

Peduli Masalah Stunting, Warga Maluku Bagi-Bagi Paket Gizi di Kulon Progo

- Minggu, 29 Mei 2022 | 13:30 WIB
Penyerahan paket gizi secara simbolis dari Ikapelamaku DIY dan Perwama INA DIY kepada balita stunting di Kulon Progo. (Foto: Amin Kuntari )
Penyerahan paket gizi secara simbolis dari Ikapelamaku DIY dan Perwama INA DIY kepada balita stunting di Kulon Progo. (Foto: Amin Kuntari )


KULON PROGO, harianmerapi.com - Sebagai bentuk kepedulian terhadap balita dengan masalah stunting di Kulon Progo, Ikatan Keluarga Pelajar Mahasiswa Maluku (Ikapelamaku) DIY bersama Persatuan Wanita Maluku (Perwama INA DPD DIY) menggelar bakti sosial (baksos) di Balai Kalurahan Kebonrejo, Kapanewon Temon, Kulon Progo, Sabtu (28/5/2022).

Baksos digelar dengan membagikan paket gizi kepada masyarakat sebagai upaya penanggulangan stunting.


Ketua Ikapelamaku DIY, Prof Dr Eduardus Tandelilin mengatakan, baksos yang digelar merupakan rangkaian acara peringatan Hari Pattimura ke-205. Pemberian paket gizi dipilih sebagai kegiatan utama lantaran hingga kini stunting masih menjadi permasalahan yang perlu diperhatikan.

Baca Juga: Kejadian Mistis Penampakan Sosok Perempuan di Gang Kecil Pertanda akan Adanya Kematian, Benarkah?


"Kami berupaya mendukung penanganan stunting di Kulon Progo mengingat di daerah ini masih ditemukan balita penderita stunting," kata Eduardus Tandelilin di sela acara.


Melalui kegiatan tersebut, diharapkan gizi balita di wilayah setempat bisa tercukupi sehingga terhindar dari resiko stunting. Hal ini diyakininya bisa membantu upaya penanganan stunting sekaligus memicu kelompok masyarakat lainnya untuk melakukan hal yang sama.


"Sebab, anak-anak akan menjadi generasi yang meneruskan tonggak kepemimpinan di masa depan. Kekurangan gizi dikhawatirkan menghambat perkembangan mereka termasuk intelegensinya," imbuh Eduardus.

Baca Juga: Ini yang Harus Dilakukan Pasien TBC Menurut Dokter Andi Khomeini


Perwakilan Perwama Ina DPD DIY, Rahima Nur Kaliky menambahkan, dalam baksos pihaknya membagikan 80 paket gizi kepada balita stunting. Paket gizi yang diberikan sudah disesuaikan dengan standar penanganan stunting seperti kacang hijau, telur berkualitas, gula jawa, multivitamin, buah-buahan dan sebagainya.


"Bahan makanan yang kami berikan sesuai dengan saran ahli gizi di Kulon Progo," ucapnya.
Rahima berharap, baksos yang digelar dapat mendukung terciptanya generasi sehat dan tangguh. Dengan demikian, anak-anak tersebut bisa memberi kontribusi pada bangsa.

Halaman:

Editor: Hudono

Tags

Artikel Terkait

Terkini

Baznas Kulon Progo serahkan santunan anak yatim

Selasa, 9 Agustus 2022 | 21:50 WIB

Enam pejabat Kulon Progo berebut kursi Sekda

Rabu, 3 Agustus 2022 | 19:30 WIB
X