• Kamis, 7 Juli 2022

Sidak BBPOM Yogyakarta di Gunungkidul, Makanan Takjil Aman dari Bahan Berbahaya

- Kamis, 21 April 2022 | 15:35 WIB
Ilustrasi takjil ( Foto: YouTube Lis Achmady)
Ilustrasi takjil ( Foto: YouTube Lis Achmady)

GUNUNGKIDUL, harianmerapi.com - Balai Besar Pengawas Obat dan Makanan (BBPOM) Yogyakarta menguji sejumlah sampel makanan takjil yang dijual di Kabupaten Gunungkidul.

Sub Koordinator Substansi Sertifikasi BBPOM Yogyakarta, Ratna Widi Astuti mengatakan ada 2 titik yang menjadi sasaran pengujian.

"Uji makanan yang kita lakukan yanh dijual di Pasar Ramadan Purbosari Wonosari dan Candirejo Semanu," katanya Kamis (21/4/2022)

Baca Juga: Asik Menelepon di Pinggir Jalan, HP Dirampas Penjambret: Pelaku Dikejar Warga Sejauh 2 Km Sebelum Dimassa

Terdapat sebanyak 16 sampel makanan yang diambil dari 2 lokasi tersebut dengan belasan sampel makanan yang dicurigai mengandung bahan berbahaya hingga untuk diuji laboratorium.

Pengujian dilakukan secara cepat sehingga bisa langsung diketahui hasilnya. Berdasarkan hasil pemeriksaan yang dilakukan, belum ditemukan adanya makanan untuk berbuka puasa yang mengandung bahan berbahaya di Gunungkidul.

"Sampai saat ini tidak kami temukan makanan dengan kandungan bahan berbahaya di Gunungkidul," imbuhnya.

Kabupaten Gunungkidul menjadi lokasi ke-7 yang didijadikan sasaran pengujian makanan dan saat ini sudah sebanyak 113 sampel makanan yang diperiksa.

Baca Juga: Boks ATM di Sleman Dibobol Maling, Polisi Masih Melakukan Olah TKP, Ini Penampakannya

Setidaknya ada 4 jenis bahan berbahaya yang digunakan pada makanan. Antara lain formalin, boraks, pewarna merah Rodhamin serta pewarna kuning Metanil.

Halaman:

Editor: Swasto Dayanto

Tags

Artikel Terkait

Terkini

X