• Jumat, 19 Agustus 2022

Pemerintah Tetapkan Status Tanggap Darurat Gempa di Pasaman Barat, Prioritas Pencarian dan Penyelamatan Korban

- Sabtu, 26 Februari 2022 | 14:27 WIB
Rumah rusak berat akibat gempa di Pasaman Barat, Sumatera Barat pada Jumat 25 Februari 2022.  (Foto: twitter @bnpb-indonesia)
Rumah rusak berat akibat gempa di Pasaman Barat, Sumatera Barat pada Jumat 25 Februari 2022. (Foto: twitter @bnpb-indonesia)


PASAMAN BARAT,harianmerapi.com – Terkait gempa di Pasaman Barat, pemerintah kabupaten setempat telah menetapkan status tanggap darurat bencana alam gempabumi yang berlaku hingga 14 hari.

Status tanggap darurat bencana gempa di Pasaman Barat ditetapkan melalui SK Nomor 188.45/160/BUP-PASBAR/2022.

Masa tanggap darurat berlaku selama 14 hari, terhitung sejak 25 Februari hingga 10 Maret 2022.

Dikutip dari laman bnpb.go.id, Sabtu 26 Februari 2022, Kepala Badan Nasional Penanggulangan Bencana Letnan Jenderal Suharyanto, saat ini telah berada di Kabupaten Pasaman Barat, Sumatera Barat.

Baca Juga: Update Gempa di Pasaman Barat: 8 Orang Meninggal Dunia, 6 Orang Diduga Masih Tertimbun

Kepala BNPB Letnan Jenderal TNI Suharyanto didampingi jajaran dan perwakilan Komisi VIII Lisda Hendarjoni, berada di lokasi terdampak dan diterima oleh Gubernur Sumatera Barat, Buya Mahyeldi.

Suharyanto mengatakan, pihaknya ingin memastikan kesiapan dukungan sumber daya, perangkat dan alat utama dalam penanganan darurat gempa di Pasaman Barat.

Dia meminta pos komando (posko) di tiap kabupaten dan kota terdampak untuk terbentu dan berkoodinasi langsung dengan posko provinsi maupun Pusat Pengendalian Operasi BNPB.

“Pada masa penanganan darurat ini, selain pelayanan warga terdampak, priortas utama dalam 7 x 24 jam ke depan adalah pencarian dan penyelamatan korban gempa,” katanya.

Baca Juga: Energi Terbesar Gempa di Sumatera Barat Belum Terlepaskan, BMKG Imbau Warga Waspada dan Tetap Tenang

Halaman:

Editor: Herbangun Pangarso Aji

Tags

Artikel Terkait

Terkini

Apakah Pesulap Merah benar-benar ampuh?

Kamis, 18 Agustus 2022 | 08:04 WIB
X