• Senin, 23 Mei 2022

Gandeng Admin Grub Medsos, Polisi Minta Info dari Netizen Disaring: Jangan Sampai Sebarkan Hoax

- Kamis, 27 Januari 2022 | 13:29 WIB
Komunikasi tatap muka antara Polres dengan admin medsos (foto:Dokumentasi Polres Karanganyar)
Komunikasi tatap muka antara Polres dengan admin medsos (foto:Dokumentasi Polres Karanganyar)


KARANGANYAR,harianmerapi.com-Polres Karanganyar menjalin kemitraan dengan pengelola media sosial lebih intens. Para pengelola medsos dianggap potensial ikut menjaga kamtibmas di dunia maya.

"Kita paham betul bagaimana medsos miliknya dan dimanfaatkan bagaimana. Informasi di grub itu ramai. Apapun bisa disampaikan. Nah, kekuatan itu bisa menjadi sarana menciptakan kamtibmas atau malah memperburuk situasi. Maka dari itu, filter sangatlah penting. Para admin diajak satu visi misi menjaga kamtibmas," kata Kasi Humas Polres Karanganyar AKP Agung Purwoko, Rabu (26/1/2022).

Para admin grub medsos dengan lokus Kabupaten Karanganyar diajak berdiskusi tatap muka. Seperti Grup Medsos Facebook dan Instagram Informasi Warga Karanganyar (IWK) yang sampai saat ini sudah memiliki member sebanyak 417.028 orang.

Baca Juga: Ini Asal Usul NCT Dream Menari TikTok Mendung Tanpo Udan, Netizen Indonesia: Aku Kaget

Personel Humas Polres Karanganyar, Brigadir Gde Dana menambahkan, ia sengaja masuk ke grub-grub esensial. Baik itu di Whatsapp, instagram, facebook, telegram dan sebagainya. Isu terhangat tentang kecelakaan lalu lintas, kriminalitas, duka cita hingga isu politik terkini.

Gde mengharapkan agar dalam pengelolaan grup medsos tersebut, admin bisa menjaring atau menyaring informasi dari masyarakat. Jangan sampai provokasi atau informasi hoax tersebar atau sengaja disebar oleh oknum tak bertanggung jawab.

"Kami berikan perhatian khusus untuk teman-teman pengurus admin grup medsos tersebut, dengan harapan agar mereka bisa bersama-sama menjaga kondisi kamtibmas di Karanganyar, dengan cara bisa menjaring atau menyaring semua informasi yang nantinya berdampak tidak baik terhadap kondisi kamtibmas. Atau informasi hoax yang dapat mengganggu kerukunan warga khususnya di bumi intanpari ini,” kata Gde.
Dalam diskusi dibahas pula tips bermedia sosial yang santun dan tanpa ujaran kebencian.*

Editor: Herbangun Pangarso Aji

Tags

Artikel Terkait

Terkini

DPR RI Kritik PPN Hasil Pertanian Tertentu

Minggu, 15 Mei 2022 | 16:30 WIB
X