• Sabtu, 29 Januari 2022

Petani Temanggung Gelar Ritual Merti Dusun Botorono, Ungkapan Rasa Syukur dan Minta Keselamatan

- Jumat, 26 November 2021 | 14:33 WIB
Petani tembakau di Desa Petarangan menggelar sedekah bumi di Puncak Botorono  (foto: Arif Zaini Arrosyid)
Petani tembakau di Desa Petarangan menggelar sedekah bumi di Puncak Botorono (foto: Arif Zaini Arrosyid)

 


TEMANGGUNG, harianmerapi.com - Petani tembakau di Kabupaten Temanggung mulai berarak menuju Puncak Gunung Botorono untuk menggelar ritual Merti Dusun, Jumat (26/11/2021).

Nyanyian burung-burung di dahan mengiringi perjalanan warga petani ke objek wisata alam yang berada di Desa Petarangan Kecamatan Kledung Temanggung tersebut.

Kabut tipis yang masih menyelimuti pemukiman tidak mengendurkan semangat warga Temanggung itu untuk menggelar upacara adat yang terjadwal tiap Jumat Legi Robiulawal atau Maulud dalam penanggalan Jawa.

Baca Juga: Kominfo Minta Masyarakat Waspada Hoaks Covid-19, Penyebaran Terbanyak di FB

 

Di puncak gunung yang dapat untuk melihat Kota Temanggung dan sekitarnya itu, sedekah bumi ditujukan sebagai ungkapan rasa syukur atas segala nikmat yang diberikan Tuhan Allah SWT.

Sedekah bumi atau yang oleh warga disebut ritual merti dusun tahun ini dihidupkan setelah pada tahun lalu diliburkan karena kasus Covid-19 yang tinggi dan warga belum mendapat vaksinasi.

Tahun ini kendati masih pandemi, ritual digelar dengan memperhatikan protokol kesehatan untuk mencegah pemaparan Covid-19. Selain itu warga telah banyak mendapatkan vaksinasi serta angka kasus Covid-19 telah melandai.

Baca Juga: Datang Dua Jam Sebelum Nagita Slavina Melahirkan, Raffi Ahmad Harus Lakukan Ini Dulu

Halaman:

Editor: Hudono

Tags

Artikel Terkait

Terkini

X