• Selasa, 7 Desember 2021

Ketua DPR Barharap Santri Jadi Pelopor dalam Menanggulangi Pandemi Covid-19

- Jumat, 22 Oktober 2021 | 13:22 WIB
 Ilustrasi. Ketua DPR RI Puan Maharani mengatakan santri harus menjadi pelopor penanggulangan pandemi COVID-19 yang sudah melanda Indonesia hampir dua tahun terakhir ini.  (ANTARA/Katriana)
Ilustrasi. Ketua DPR RI Puan Maharani mengatakan santri harus menjadi pelopor penanggulangan pandemi COVID-19 yang sudah melanda Indonesia hampir dua tahun terakhir ini. (ANTARA/Katriana)



JAKARTA, harianmerapi.com - Ketua DPR RI Puan Maharani berharap agar para santri menjadi pelopor dalam penanggulangan pandemi Covid-19.

Menurut Puan, santri merupakan elemen penting yang sangat berpengaruh dalam sejarah perjalanan dan pembangunan bangsa, termasuk dalam menanggulangi pandemi Covid-19.

"Santri punya banyak kontribusi bagi NKRI sejak era perjuangan kemerdekaan Indonesia hingga saat ini. Dan peran besar santri bagi negara harus terus dipertahankan," kata Puan dalam keterangannya di Jakarta, Jumat (22/10/2021).

Baca Juga: Pemkot Magelang Imbau Masyarakat Waspada Peredaran Rokok Ilegal

Hal itu dikatakannya terkait peringatan Hari Santri Nasional (HSN) yang diperingati setiap tanggal 22 Oktober.

Puan mengatakan, penetapan Hari Santri tidak bisa dilepaskan dari perjuangan santri untuk mempertahankan Kemerdekaan Indonesia di masa lalu.

Menurut dia, semangat Resolusi Jihad oleh para ulama dan kiai pada 22 Oktober 1945 yang dijadikan dasar penetapan HSN, harus terus digelorakan.

Baca Juga: BMKG Sebut Gempa Malang Termasuk Gempa Dangkal, Disebabkan Aktivitas Zona Subduksi Bagian Selatan

"Pesantren sebagai tempat menempa ilmu harus menjaga warisan para ulama dan kiai yang dulu mencetuskan Resolusi Jihad melawan penjajah sebagai benteng NKRI," ujarnya.

Dia mengingatkan, sejarah mencatat perjuangan santri terhadap berdirinya Indonesia misalnya, proklamator Soekarno-Hatta banyak mendapat bantuan dari para ulama di masa kemerdekaan.

Halaman:

Editor: Hudono

Sumber: Antara

Tags

Artikel Terkait

Terkini

X