• Senin, 6 Desember 2021

Tuksono Sentolo Kembangkan Destinasi Wisata Gunung Dayakan

- Rabu, 20 Oktober 2021 | 17:30 WIB
Gerakan Sambanggo di Tuksono Sentolo Kulon Progo.  (Amin Kuntari)
Gerakan Sambanggo di Tuksono Sentolo Kulon Progo. (Amin Kuntari)

KULON PROGO, harianmerapi.com - Pemerintah Kalurahan Tuksono, Kapanewon Sentolo, Kulon Progo terus berupaya mengangkat kekayaan alam wilayah setempat untuk dijadikan destinasi wisata. Terbaru, di Tuksono sedang dibangun destinasi wisata baru bernama Gunung Dayakan.

Panewu Sentolo, Sigit Purnomo menyampaikan, pada 2017 Kalurahan Tuksono terpilih menjadi peserta program desa mandiri budaya yang digagas Pemda DIY. Sebagai langkah awal, dilakukan pengembangan desa mandiri budaya dengan membangun Taman Bendung Kamijoro.

"Setelah Bendung Kamijoro berhasil dibangun, kini kami berupaya menyiapkan calon destinasi wisata di Gunung Dayakan. Lokasinya di Dusun Kaliwiru," kata Sigit, Rabu (20/10/2021).

Baca Juga: Gambarkan Pahlawan Kulon Progo Nyi Ageng Serang dalam Desain Souvenir

Ia berharap, keberadaan calon destinasi Gunung Dayakan ini bisa menambah pilihan wisata di Kalurahan Tuksono. Gunung Dayakan bahkan diprediksi bisa berkembang dengan baik dan mampu menjadi destinasi wisata sesuai harapan.

Bupati Kulon Progo, Sutedjo menyampaikan, calon destinasi wisata Gunung Dayakan merupakan hasil program Gerakan Sambanggo. Gerakan Sambang Kulon Progo ini diluncurkan Pemkab Kulon Progo melalui Dinas Pariwisata setempat pada 2020, dengan tujuan menggerakkan sektor pariwisata di Kulon Progo yang sempat terhenti karena pandemi Covid-19.

"Gerakan Sambanggo di Kapanewonan Sentolo ini merupakan yang ke-8 dari total 10 gerakan hingga akhir tahun mendatang. Gerakan Sambanggo terdiri dari tiga bagian, yaitu Sambang Gisik, Sambang Gawe dan Sambang Gunung. Di Tuksono ini termasuk Sambang Gisik," jelasnya.

Baca Juga: Cek Stok Solar, Kapolres Sukoharjo Pimpin Patroli SPBU

Sutedjo kemudian meminta agar Pokdarwis Tuksono melihat pokdarwis lain yang sudah berhasil membangun destinasi wisata, terutama terkait manajemen pengelolaannya. Meski demikian, materi atau produk yang ditampilkan harus menggambarkan ciri khas daerah setempat agar bisa menjadi daya tarik bagi wisatawan.

Sementara itu, Ketua DPRD Kulon Progo, Akhid Nuryati mengapresiasi dan menyambut baik calon destinasi wisata Gunung Dayakan di Kalurahan Tuksono. Ia berharap, calon destinasi wisata tersebut bisa berkembang dengan baik dan lancar.

Halaman:

Editor: Widyo Suprayogi

Tags

Artikel Terkait

Terkini

Festival Menoreh Ajang Pamer Produk Desa

Senin, 6 Desember 2021 | 07:15 WIB
X