• Senin, 6 Desember 2021

Gambarkan Pahlawan Kulon Progo Nyi Ageng Serang dalam Desain Souvenir

- Rabu, 20 Oktober 2021 | 17:22 WIB
Penutupan Lomba Desain Souvenir Kulon Progo di Rumah Dinas Bupati Kulon Progo.  (Amin Kuntari)
Penutupan Lomba Desain Souvenir Kulon Progo di Rumah Dinas Bupati Kulon Progo. (Amin Kuntari)

KULON PROGO, harianmerapi.com - Dekranasda Kulon Progo menggelar lomba desain souvenir khas daerah ini sebagai upaya mengasah kreativitas anak-anak muda. Lomba tersebut mengambil tema pahlawan Kulon Progo yakni Nyi Ageng Serang.

Ketua panitia lomba desain souvenir dari Dekranasda Kulon Progo, Kris Sutanto menyampaikan, lomba digelar sejak Agustus hingga Oktober 2021. Pelaksanaan lomba mengambil tema Pahlawan Nasional Nyi Ageng Serang sebagai Ikon Kabupaten Kulon Progo.

"Melalui lomba ini, kami berupaya mendorong sektor ekonomi kreatif sekaligus sebagai bentuk apresiasi kepada pahlawan Kulon Progo, Nyi Ageng Serang," kata Kris, Rabu (20/10/2021).

Baca Juga: Cek Stok Solar, Kapolres Sukoharjo Pimpin Patroli SPBU

Selain itu, lanjutnya, lomba juga digelar untuk memberikan ruang kreasi kepada anak-anak muda untuk menerjemahkan pahlawan Kulon Progo ke dalam bentuk souvenir. Lomba diikuti 39 peserta dari berbagai daerah di Indonesia.

Ke depan, lanjut Kris, desain yang dinobatkan sebagai pemenang akan menjadi branding daya tarik dari ikon Kulon Progo yakni sebagai cinderamata, oleh-oleh dan kenang-kenangan khas Kulon Progo.

Setelah peluncuran dilakukan, masyarakat Kulon Progo diharap dapat melestarikan, mengembangkan dan handarbeni terhadap ikon Kulon Progo tersebut.

Baca Juga: Begini Cara Viralkan Konten Musik di Media Sosial

"Sehingga ke depan akan punya nilai tambah, baik untuk kesejahteraan masyarakat maupun perekonomian," kata Kris Sutanto.

Ketua Dekranasda Kulon Progo, Sri Wahyu Widati Sutedjo menyampaikan, selama ini dalam melakukan atau menerima kunjungan ke daerah lain, Pemkab Kulon Progo hanya bisa membawa lambang daerah. Dengan adanya souvenir khas Kulon Progo ini diharapkan dapat digunakan untuk mengenalkan ikon Bumi Binangun saat melakukan atau menerima kunjungan dari daerah lain.

"Ke depan, Nyi Ageng Serang tidak hanya ada di titik nol Kulon Progo, tapi juga dikenal sebagai pahlawan wanita yang ada di Kulon Progo," ujarnya.

Halaman:

Editor: Widyo Suprayogi

Tags

Artikel Terkait

Terkini

Festival Menoreh Ajang Pamer Produk Desa

Senin, 6 Desember 2021 | 07:15 WIB
X