• Minggu, 23 Januari 2022

Cegah Longsor, Mahasiswa UCY Tanam Ribuan Batang Pohon di Gunungkidul

- Senin, 11 Oktober 2021 | 23:06 WIB
Mahasiswa UCY saat menanam pohon di Gunungkidul (Foto: dokumentasi Humas UCY)
Mahasiswa UCY saat menanam pohon di Gunungkidul (Foto: dokumentasi Humas UCY)

YOGYA,harianmerapi.com-Sebagai upaya mencegah terjadinya bencana alam seperti longsor, puluhan mahasiswa Universitas Cokroaminoto Yogyakarta (UCY) menanam tanaman di puncak Pathuk Kampung Pitu, Nglanggeran Wetan, Gunungkidul, Minggu (10/10/2021).

Beragam jenis tanaman ditanam mulai dari tanaman keras hingga buah-buahan. Ketua Dema Universitas Cokroaminoto Yogyakarta, Ardiansyah, kepada wartawan mengatakan, kegiatan ini merupakan agenda tahunan oleh Dewan Mahasiswa UCY dan berkolaborasi dengan Mapala Unisco UCY.

"Lokasi yang dipilih merupakan kawasan perbukitan dengan bentang alam tanpa pepohonan persis di sisi utara gunung purba Nglanggeran. Sehingga bisa mencegah terjadinya longsor sejak dini dan penghijauan," ucapnya.

Baca Juga: Longsor di Kabupaten Luwu. Tim Terpadu Temukan Empat Jasad yang Tertimbun Tanah

Dikatakan, sebanyak 1.100 bibit tanaman, mulai buah sirsak, jeruk dan mangga hingga tanaman keras terdiri dari jati, sengon dan trembesi ditanam di lahan kosong seluas 5-6 hektar terutama pada area yang dinilai rawan longsor.

Menurutnya, kegiatan ini merupakan bentuk interaksi antara mahasiswa dengan masyarakat. Selain itu kegiatan penanaman merupakan out put dari seminar mahasiswa yang bertemakan "gema reforma agraria" yang sebelumnya digelar di kampus.

Wakil Rektor III UCY bidang kemahasiswaan, Farid Iskandar SH SHI MH, menambahkan kegiatan ini merupakan program tahunan mahasiswa. Lokasi dipilih karena salah satunya bahwa kecenderungan tanah mengalami longsor. *

Editor: Herbangun Pangarso Aji

Tags

Artikel Terkait

Terkini

Pemda DIY Siapkan Isoter dan Faskes Hadapi Omicorn

Rabu, 12 Januari 2022 | 10:00 WIB
X