• Selasa, 6 Desember 2022

Tokoh Pendiri UKSW Salatiga, Probowinoto Diusulkan Gelar Pahlawan Nasional

- Rabu, 6 Oktober 2021 | 21:26 WIB
Tim UKSW Salatiga Audens dengan Walikota Salatiga tentang Usulan Gelar Pahlawan Nasional Salah Satu Pendiri UKSW.  ((Dokumen Humas UKSW Salatiga) )
Tim UKSW Salatiga Audens dengan Walikota Salatiga tentang Usulan Gelar Pahlawan Nasional Salah Satu Pendiri UKSW. ((Dokumen Humas UKSW Salatiga) )

SALATIGA, harianmerapi. com - Salah satu pendiri Universitas Kristen Satya Wacana (UKSW) Salatiga, Pdt Basoeki Probowinoto diusulkan memperoleh gelar pahlawan nasional. Terkait dengan itu, Tim UKSW sudah melakukan audensi dengan Walikota Salatiga, Yuliyanto, Rabu (6/10/2021).

Kajian interdisiplin usulan ini dilakukan oleh Pembantu Rektor V UKSW Dr. Suryasatriya Trihandaru, M.Sc.nat., Kepala Biro Pengembangan dan Mobilisasi Sumber Daya (BPMSD) UKSW Esthi Susanti Hudiono, M.Si.

Sejak Januari 2021 tim mengawalinya dengan tiga pertanyaan. Apakah Pdt Basoeki Probowinoto layak menjadi pahlawan nasional Indonesia, kemudian kelayakan Pdt Basoeki Probowinoto dalam kapasitasnya sebagai apa dan jika Pdt Basoeki Probowinoto layak menjadi pahlawan lalu mengapa dan bagaimana beliau bisa disebut sebagai pahlawan.

Baca Juga: Diteriaki Maling, Pemuda Ini Dimassa Sampai Babak Belur

Menurut Esthi Susanti Hudiono sebagai ketua tim pengkaji, terdapat sejumlah tindakan patriot Probowinoto pada tiga periode perjalanan bangsa Indonesia yakni di periode penjajahan Jepang tahun 1942-1945, periode revolusi Indonesia tahun 1945-1949, dan pada periode pembangunan dan pengisian kemerdekaan tahun 1950-1967.

“Hasil kajian berupa naskah akademik sedang dalam proses penyelesaian. Serangkaian review atas hasil kajian sedang dilakukan. Selama proses kajian ini didukung konsultan sejarah, salah satunya yakni Prof. Peter Carey,” tutur Esthi saat acara audiensi dengan Walikota Salatiga.

Walikota Salatiga, Yuliyanto didampingi Kepala Dinas Sosial Gati Setiti, mengapresiasi usulan tim kajian pemahlawanan Probowinoto. Menurutnya apabila usulan ini disetujui hingga tingkat pusat maka akan menambah jumlah pahlawan yang berasal dari Salatiga.

Baca Juga: Sebelum Tewas karena Gigitan Cobra, Pemuda Kulon Progo Ini Pergi Sendiri ke Puskesmas untuk Berobat

"Kami mendukung proses pengusulan ini, sehingga seluruh persyaratan mari bersama dilengkapi secara cepat. Kami juga mohon dukungan agar tim UKSW terus mengawal hingga disahkan oleh Pak Presiden,” kata Yuliyanto.

Lebih lanjut dikatakannya Dinas Sosial akan mengawal dengan bertindak sebagai sekretariat hingga terbitnya rekomendasi dari walikota Salatiga untuk diajukan ke tingkat provinsi.*

Halaman:

Editor: Widyo Suprayogi

Tags

Artikel Terkait

Terkini

Anggota DPR Firman Soebagyo ingatkan soal impor beras

Minggu, 4 Desember 2022 | 21:30 WIB

Korban banjir Pati butuh bantuan pakaian dalam

Jumat, 2 Desember 2022 | 17:45 WIB
X