• Senin, 6 Desember 2021

Permudah Layanan Administrasi Kependudukan, Disdukcapil Kota Magelang Kembangkan Program Si Bulan

- Sabtu, 25 September 2021 | 11:23 WIB
Kepala Disdukcapil Kota Magelang Larsita (tengah) berbicara pada Forum Konsultasi Publik untuk Peningkatan Layanan Penerbitan Akta Kelahiran, Jumat (24/9/2021). (ANTARA/HO-Bagian Prokompim Pemkot Magelang)
Kepala Disdukcapil Kota Magelang Larsita (tengah) berbicara pada Forum Konsultasi Publik untuk Peningkatan Layanan Penerbitan Akta Kelahiran, Jumat (24/9/2021). (ANTARA/HO-Bagian Prokompim Pemkot Magelang)

MAGELANG, harianmerapi.com - Guna meningkatkan layanan administrasi kependudukan bagi warga, Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil (Disdukcapil) Kota Magelang, Jawa Tengah mengembangkan program Si Bulan singkatan dari Aksi Ibu Pulang Bawa Akta Kelahiran.

Disampaikan Kepala Disdukcapil Kota Magelang Larsita dalam keterangan tertulis diterima di Magelang, Sabtu (25/9/2021), bahwa selama ini program Si Bulan hanya menjangkau anak yang lahir di fasilitas kesehatan di daerah tersebut.

Padahal, menurutnya, ada warga setempat yang melahirkan di fasilitas kesehatan di luar Kota Magelang. Mereka belum terakomodasi dalam program itu.

Baca Juga: Pria Ini Paksa Anak Kandung Nonton Video Porno Kemudian Dicabuli

"Segera kami wujudkan program pengembangan Si Bulan ini dengan menjangkau sebagian faskes (fasilitas kesehatan) di luar Kota Magelang," ujarnya dalam kegiatan Forum Konsultasi Publik untuk Peningkatan Layanan Penerbitan Akta Kelahiran, di Kantor Disdukcapil Kota Magelang, Jumat (24/9/2021).

Dijelaskan, pengembangan program Si Bulan dalam rangka mengoptimalkan layanan kependudukan bagi masyarakat Kota Magelang. Program tersebut, akan terus dikembangkan melalui kerja sama dengan fasilitas kesehatan di luar daerah Kota Magelang.

Sebagai instansi yang mengedepankan layanan masyarakat, Disdukcapil Kota Magelang ingin bersikap proaktif melalui strategi "jemput bola". Sikap proaktif itu selain membantu warga juga pemberian layanan hak-hak sipil masyarakat.

Baca Juga: Misteri Pring Petuk 4: Ternyata Kami Menginap di Desa Gaib

"Harapan kami masyarakat Kota Magelang yang melahirkan di mana pun bisa mendapatkan KIA (Kartu Identitas Anak), akta kelahiran, KK (Kartu Keluarga), dan ucapan dari Wali Kota Magelang, sehingga hak-hak sipil bisa langsung diterima," katanya.

Larsita menyebut Si Bulan baru saja mendapatkan predikat terbaik dari pemerintah pusat. Bahkan, program itu diakui sebagai inovasi terbaik 15 besar tingkat nasional.

Halaman:

Editor: Swasto Dayanto

Sumber: Antara

Tags

Artikel Terkait

Terkini

X