• Selasa, 26 Oktober 2021

Masih Ditemukan Macan Tutul Jawa, Hutan Sanggabuana Diusulkan Jadi Taman Nasional

- Senin, 20 September 2021 | 19:38 WIB
Macan Tutul Jawa terekam kamera jebak berkeliaran di hutan Gunung Sanggabuana, Karawang, Jawa Barat.  (ANTARA/Dok. Dedi Mulyadi )
Macan Tutul Jawa terekam kamera jebak berkeliaran di hutan Gunung Sanggabuana, Karawang, Jawa Barat. (ANTARA/Dok. Dedi Mulyadi )

KARAWANG, harianmerapi.com - Kawasan hutan Gunung Sanggabumna, Kabupaten Karawang, Jawa Barat, diusulkan untuk menjadi taman nasional.

Usulan itu makin menguat setelah satu Macan Tutul Jawa terekam kamera jebak yang dipasang oleh tim Sanggabuana Wildlife Expedition.

"Teka-teki tentang siapa penjaga Sanggabuana terjawab sudah, macan tutul tampak di layar kamera yang terpasang," kata Wakil Ketua Komisi IV DPR RI Dedi Mulyadi, yang terlibat dalam Sanggabuana Wildlife Expedition, saat dihubungi dari Karawang, Senin (20/9/2021).

Baca Juga: Bupati Bantul: Terima Kasih Masyarakat yang Sudah Ikut Vaksinasi

Dijelaskannya, kamera jebak tim ekspedisi juga merekam keberadaan rusa, musang, dan babi hutan di kawasan hutan Sanggabuana.

Macan tutul jawa termasuk satwa dilindungi yang tidak boleh diburu menurut Peraturan Menteri Lingkungan Hidup dan Kehutanan.

Dedi pun mengemukakan bahwa Gunung Sanggabuana akan diusulkan menjadi taman nasional supaya satwa-satwa liar di kawasan itu lebih terlindungi.

Baca Juga: Harimau Smarabumi Lawan Santet 4: Tetangganya Meninggal dengan Perut Membesar

"Usulan kawasan Gunung Sanggabuana itu menjadi taman nasional bertujuan agar seluruh areal Gunung Sanggabuana mendapat perlindungan dari negara," tandasnya. *



Halaman:

Editor: Swasto Dayanto

Sumber: Antara

Tags

Artikel Terkait

Terkini

Kecamatan Sagaranten Sukabumi KLB Keracunan Massal

Senin, 25 Oktober 2021 | 22:14 WIB

Dua Bocah Tewas Tenggelam di Waduk Sungai Pulai Bintan

Minggu, 24 Oktober 2021 | 23:30 WIB

Pemerintah Akan Bantu Perawatan Area Makam Bung Karno

Sabtu, 23 Oktober 2021 | 22:06 WIB

Polisi yang Salah Tangani Demo Akan Ditindak Tegas

Sabtu, 23 Oktober 2021 | 08:07 WIB
X