• Rabu, 8 Desember 2021

Balap Liar dan Knalpot Bising Jadi Target Utama Operasi Patuh Jaya

- Senin, 20 September 2021 | 11:10 WIB
Kapolda Metro Jaya Irjen Pol Fadil Imran (tengah) berikan keterangan kepada wartawan di Polda Metro Jaya, Senin (20/9/2021).  (ANTARA/Fianda Sjofjan Rassat)
Kapolda Metro Jaya Irjen Pol Fadil Imran (tengah) berikan keterangan kepada wartawan di Polda Metro Jaya, Senin (20/9/2021). (ANTARA/Fianda Sjofjan Rassat)

JAKARTA, harianmerapi.com - Knalpot bising, rotator dan balap liar menjadi target utama penindakan dalam Operasi Patuh Jaya 2021 selama 14 hari mulai 20 September-3 Oktober 2021.

"Saya perintahkan kepada seluruh jajaran untuk humanis melakukan penindakan kepada pelanggaran knalpot bising," kata Kapolda Metro Jaya Irjen Pol Fadil Imran di Jakarta, Senin (20/9/2021).

Fadil mengatakan disiplin lalu lintas adalah salah satu simbol kemajuan masyarakat dan polusi suara adalah pelanggaran disiplin lalu lintas yang mengganggu masyarakat, menyebabkan kecelakaan bahkan menjadi pemicu terjadinya tindak pidana.

Baca Juga: Penampakan Palu Presisi Milik Satlantas Polres Boyolali yang Menghantui Pengguna Knalpot Bising

"Polusi suara sangat mengganggu kenyamanan masyarakat. Polusi suara menjadi awal terjadinya pidana karena ketersinggungan terjadi perkelahian bahkan penganiayaan," ujarnya.

Dalam kesempatan itu Fadil juga memerintahkan jajarannya menindak penggunaan lampu rotator yang tidak sesuai peruntukan.

"Bagi pelanggaran penggunaan lampu rotator yang tidak sesuai peruntukan berikan edukasi pemahaman, bahwa pengunaan lampu rotator ada ketentuan," tambahnya.

Lampu rotator dengan warna biru hanya diperbolehkan bagi kendaraan TNI-Polri, lampu rotator merah untuk ambulans dan pemadam kebakaran dan lampu rotator kuning untuk kendaraan pekerjaan umum dan angkutan berat.

Baca Juga: Jalanan Sepi dan Gelap Gulita, Kawasan Tugu Yogya Jadi Ajang Balap Motor Liar

Halaman:

Editor: Sutriono

Sumber: Antara

Tags

Artikel Terkait

Terkini

X