• Minggu, 17 Oktober 2021

Rencana Pemerintah Membuka Kedatangan Wisman Harus Dilakukan Transparan. Begini Kata Wakil Ketua MPR

- Minggu, 19 September 2021 | 18:29 WIB
Wakil Ketua MPR RI Lestari Moerdijat.  ((MPR RI))
Wakil Ketua MPR RI Lestari Moerdijat. ((MPR RI))

JAKARTA, harianmerapi.com - Rencana pemerintah membuka kembali pariwisata untuk wisatawan mancanegara (wisman) harus dipersiapkan secara matang dan diikuti dengan sistem pengendalian Covid-19 yang konsisten serta transparan.

"Rencana untuk membuka kembali Bali untuk kedatangan wisatawan mancanegara harus dipersiapkan dengan matang seperti sistem dan sumber daya manusia agar penerapan peraturan pengendalian Covid-19 bisa konsisten dan transparan," kata Wakil Ketua MPR RI Lestari Moerdijat dalam keterangan tertulisnya, di Jakarta, Minggu (19/9/2021).

Dia menilai yang perlu dipersiapkan dengan baik sebelum membuka kembali sektor pariwisata untuk wisman adalah kesiapan sistem dan para pelaksana lapangan yang mampu mengawasi secara ketat, konsisten, dan transparan.

Baca Juga: Pimpinan MIT Ali Kalora Tewas Ditembak. Anggota Dewan Berikan Apresiasi Untuk TNI-Polri

Kebijakan tersebut, menurut dia, harus diikuti dengan sikap kehati-hatian yang tinggi karena di sejumlah negara tetangga saat ini sedang mengalami peningkatan jumlah kasus positif Covid-19.

"Jangan karena hanya mempertimbangkan jumlah kasus positif Covid-19 di Indonesia menurun drastis, lalu kita terburu-buru membuka pintu bagi wisatawan mancanegara," ujarnya.

Rerie mengatakan pemerintah wajib mempertimbangkan secara menyeluruh sebelum memutuskan kebijakan membuka pintu bagi wisatawan mancanegara.

Baca Juga: LPSK Sayangkan Insiden Penganiayaan Muhammad Kece oleh Irjen Pol Napoleon Bonaparte

Hal itu, menurut dia, karena sejumlah varian baru COVID-19 dan tingkat penyebaran virus tersebut di sejumlah negara hingga kini masih tinggi.

"Pada tahap awal upaya selektif harus dilakukan, antara lain dengan menetapkan wisatawan dari negara-negara yang sebaran Covid-19 rendah yang diizinkan berwisata di Indonesia," katanya.

Halaman:

Editor: Widyo Suprayogi

Sumber: Antara

Tags

Artikel Terkait

Terkini

Kasus Korupsi Bupati Muba. KPK Tahan Empat Tersangka

Sabtu, 16 Oktober 2021 | 23:03 WIB
X