• Selasa, 26 Oktober 2021

Tandai WCD, Siswa dan Santri di Temanggung Lakukan Gerakan Pilah Sampah

- Sabtu, 18 September 2021 | 20:20 WIB
Bupati Temanggung Al Khadziq mengajari siswa memilah sampah (Foto: Zaini Arrosyid)
Bupati Temanggung Al Khadziq mengajari siswa memilah sampah (Foto: Zaini Arrosyid)

TEMANGGUNG, harianmerapi.com - Gerakan pemilahan sampah oleh para siswa dan santri menandai WCD (World Cleanup Day/Hari Bersih-bersih Sedunia) di Kabupaten Temanggung, Sabtu (18/9/2021).

Gerakan pilah sampah diawali dengan pemutaran video arahan pemilahan sampah oleh Bupati Temanggung Al Khadziq secara virtual, kemudian para siswa dan santri melakukan pembersihan lingkungan baik di sekolah, pondok pesantren maupun di rumah masing-masing.

Sampah dipilah menjadi tiga golongan yakni organik, anorganik, dan residu. Selanjutnya hasil pemilahan sampah ditimbang dan dilaporkan kepada wali kelas masing-masing. Kegiatan yang dikerjakan itu selanjutnya didokumentasikan berupa foto yang juga dilaporkan ke wali kelas.

Baca Juga: Sambut HUT Polantas, Satlantas Polres Sukoharjo Gelar Vaksinasi Virus Corona

Bupati Temanggung Al Khadziq menyampaikan WCD di Temanggung dilaksanakan kegiatan yang melibatkan anak sekolah dan santri, anak sekolah sejak PAUD/TK, SD, SMP, dan SMA melakukan pemilahan sampah di rumah masing-masing kemudian didokumentasikan dengan foto/video kemudian dilaporkan ke gurunya masing-masing.

Dia mengatakan semua kegiatan itu masuk ke panitia WCD dan kegiatan ini sebagai bentuk edukasi kepada masyarakat tentang pentingnya memilah sampah sejak dari rumah, karena sampah ini kalau tidak diolah dari rumah maka TPA akan selalu penuh.

"Sampah residu akan mengotori lingkungan dan hal ini berbahaya bagi lingkungan hidup," katanya.

Baca Juga: Kejujuran Membawa Nikmat 21: Menjalani Kehidupan Baru Tanpa Orang Tua

Dikatakan kegiatan ini dimulai dari anak-anak agar jiwa kepedulian terhadap lingkungan tertanam sejak dini dan hal ini memang sesuai dengan tema organisasi WCD tahun ini, yakni edukasi kepada anak-anak sekolah.

Selain anak sekolah dan para santri, katanya kegiatan WCD juga dilaksanakan kerja bakti oleh masyarakat di desa-desa yang diorganisir oleh Dewan Persampahan Kabupaten Temanggung untuk melakukan bersih-bersih lingkungan di RT masing-masing dengan dikawal oleh para pegiat sampah rumah tangga dan para vasilitator persampahan desa maupun tingkat kecamatan.

Halaman:

Editor: Swasto Dayanto

Tags

Artikel Terkait

Terkini

Dinsos Temanggung Salurkan Bantuan UEP dan KUBE

Senin, 25 Oktober 2021 | 19:00 WIB

Info Stok Darah PMI Temanggung Senin 25 Oktober 2021

Senin, 25 Oktober 2021 | 09:30 WIB
X