• Minggu, 17 Oktober 2021

DPRD Temanggung Datangi Gudang Pabrikan Rokok, Pantau Penyerapan Tembakau

- Kamis, 16 September 2021 | 15:12 WIB
DPRD Kabupaten Temanggung saat memantau  penyerapan tembakau di gudang perwakilan pabrik rokok.  (Foto: Zaini Arrosyid )
DPRD Kabupaten Temanggung saat memantau penyerapan tembakau di gudang perwakilan pabrik rokok. (Foto: Zaini Arrosyid )

TEMANGGUNG, harianmerapi.com - DPRD Kabupaten Temanggung monitoring penyerapan tembakau kering dan respons keluhan petani bahwa penyerapan lamban dan harga tembakau yang tidak berpihak petani, Kamis (16/9/2021).

Ketua DPRD Kabupaten Temanggung Yunianto mengatakan pantauan terutama yang berhubungan dengan harga dan sistem pembelian tembakau rajangan kering. " Kami juga suport petani dalam menjual dan perusahaan dalam membeli tembakau," kata dia.

Pantauan dipimpin oleh Ketua DPRD Yunianto, selain itu Wakil Ketua Muh Amin, Ketua Komisi C Slamet Eko Wantoro, anggota DPRD Deddy Haryadi, Ika Rizkiwati dan sejumlah anggota lainnya. Pantauan dimulai dari perwakilan PT Gudang Garam dilanjut PT Djarum.

Baca Juga: 9 Peserta Tak Ikut Ujian SKD CPNS Pemda DIY karena Positif Covid-19

Pada perwakilan pabrik, Yunianto mengatakan telah menyampaikan keluhan dari petani dan warga yakni agar ada percepatan penyerapan tembakau dan peningkatan harga agar petani tidak merugi. Force major di pertembakauan pasti ada dan itu sebagai sebuah risiko, tetapi menjadi komitmen bersama untuk menghargai tiap tetes keringat petani.

"Pada intinya perusahaan rokok mau percepatan penyerapan asal ada barang. Harga menyesuaikan kualitas,' kata dia.

Baca Juga: Kartu Prakerja Gelombang 21 Resmi Dibuka, Segera Cek Cara Pendaftarannya

Dia mengemukakan sekitar 50 persen tembakau telah diserap pabrikkan, dan sisanya menunggu petik, pemetikkan dan sedang dalam proses menjadi tembakau rajangan. Maka itu sangat disayangkan jika tidak terserap.

"Semua untuk kesejahteraan petani dan semua yang terlibat dalam pertembakauan," kata dia. *

Halaman:

Editor: Hudono

Tags

Artikel Terkait

Terkini

Lumbung Pangan Penting untuk Kelanjutan Hidup

Jumat, 15 Oktober 2021 | 22:03 WIB
X