• Selasa, 19 Oktober 2021

Gandeng BNPB, Rutan Bantul Bekali Kemampuan Tangani Kebakaran

- Sabtu, 11 September 2021 | 20:36 WIB
 Petugas Rutan Bantul saat mengikuti kegiatan mitigasi bencana kebakaran bersama BNPB.  (FOTO-DOK RUTAN BANTUL)
Petugas Rutan Bantul saat mengikuti kegiatan mitigasi bencana kebakaran bersama BNPB. (FOTO-DOK RUTAN BANTUL)

BANTUL, harianmerapi.com - Untuk mencegah terjadinya bencana kebakaran, Rumah Tahanan Negara (Rutan) Kelas IIB Bantul bekerja sama dengan Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB) di Rutan Kelas IIB Bantul, Sabtu (11/9/2021).


Kegiatan ini menindaklanjuti Surat Edaran (SE) Sekjen Kementerian Hukum dan HAM RI No: SEK-UM.05.02 -138 tanggal 8 September Tahun 2021 tentang Langkah-langkah Pencegahan Kebakaran Gedung serta SE Dirjen PAS No: PAS - PR.02.02-57 tentang Penertiban Jaringan Listrik dan Peningkatan Kewaspadaan Keamanan dan Ketertiban di Rutan Kelas IIB Bantul.


Kepala KPR Rutan Bantul, Jaka Cahyana mengatakan, merespons terjadinya kebakaran di Lapas Tangerang, dengan cepat Rutan Bantul melakukan terobosan dengan instansi terkait untuk melakukan koordinasi. Baik itu dengan BNPB, jajaran kepolisian maupun pihak BPBD Kabur Bantul untuk melakukan pengecekan sarana prasarana dan jaringan listrik yang ada di dalam rutan.

Baca Juga: Kebakaran Lapas Kelas I Tangerang Naik ke Tahap Penyidikan, Polisi Segera Panggil Kalapas


"Berbagai bentuk upaya pencegahan bencana sebagai bentuk deteksi dini gangguan kamtib telah kami dilakukan," ujarnya kepada wartawan usai pelatihan.


Dijelaskan Jaka, kegiatan pelatihan mitigasi bencana kebakaran merupakan salah satu bentuk bukti nyata deteksi dini gangguan kamtib. Kegiatan ini bertujuan meningkatkan pengetahuan jajaran petugas jaga dan pegawai pemasyarakatan akan penanggulangan bencana kebakaran.

Baca Juga: Polri Selidiki Unsur Kelalain Kasus Kebakaran Lapas Kelas I Tangerang yang Tewaskan 44 Napi


Sementara Kepala Rutan Bantul, Enjat Lukmanul Hakim menambahkan, kegiatan pelatihan telah diikuti petugas rutan dari awal hingga akhir. Sehingga nantinya petugas jaga maupun pegawai pemasyarakatan paham betul dengan mitigasi bencana kebakaran. *

 

Halaman:

Editor: Hudono

Tags

Terkini

Selain Klaster Tilik, Muncul Klaster Senam di Bantul

Kamis, 14 Oktober 2021 | 18:59 WIB
X