• Selasa, 26 Oktober 2021

Kebakaran Lapas Kelas I Tangerang Naik ke Tahap Penyidikan, Polisi Segera Panggil Kalapas

- Sabtu, 11 September 2021 | 19:22 WIB
Menteri Hukum dan Hak Asasi Manusia (Menkumham) Yasonna Laoly saat mengunjungi Lapas Kelas I Tangerang. ( (ANTARA/HO-Humas Kemenkumham))
Menteri Hukum dan Hak Asasi Manusia (Menkumham) Yasonna Laoly saat mengunjungi Lapas Kelas I Tangerang. ( (ANTARA/HO-Humas Kemenkumham))

TANGERANG,harianmerapi.com-Sedikitnya 14 orang saksi akan diperiksa polisi dalam kasus kebakaran Lapas Kelas I Tangerang, Banten, termasuk Kepala Lapas Viktor Teguh. Penyelidikan saat ini sudah naik ke tahap penyidikan meski belum ada tersangka.

"Penyidik Polda Metro Jaya telah mengambil langkah-langkah setelah dinaikkannya kasus menjadi tahap penyidikan, maka penyidik telah membuat surat panggilan. Surat panggilan sebagai saksi ditujukan kepada 14 orang pegawai lapas yang melaksanakan piket pada hari itu, termasuk kepala Lapasnya," kata Kabag Penum Divisi Humas Polri Kombes Pol Ahmad Ramadhan, di Rumah Sakit Polri, Kramat Jati, Jakarta Timur, Sabtu (11/9/2021).

Selain itu, penyidik Polda Metro Jaya juga akan memeriksa tujuh orang warga binaan, tiga orang anggota Damkar, dan tiga orang saksi dari PLN.

Baca Juga: Polri Selidiki Unsur Kelalain Kasus Kebakaran Lapas Kelas I Tangerang yang Tewaskan 44 Napi

Dikatakan Ramadhan, Kalapas Viktor dan sejumlah saksi lain itu akan menjalani pemeriksaan di Mapolda Metro Jaya, Senin (13/9/2021).

"Jadi rencana setelah dilakukan surat panggilan tersebut, pemeriksaan akan dilakukan, pemeriksaan sebagai saksi dilaksanakan, pada hari Senin (13/9/2021) di Polda Metro Jaya," ujarnya.

Ramadhan menyampaikan, penyidik Ditreskrimum Polda Metro Jaya telah mengirimkan Surat Pemberitahuan Dimulainya Penyidikan (SPDP) ke Kejaksaan Tinggi Banten.

Baca Juga: Satu Jenazah Lagi Korban Kebakaran Lapas Tangerang Diserahkan Kepada Keluarga

"Hasil koordinasi Polda Metro Jaya, SPDP dikirim kepada Kepala Kejati Banten, yang tadinya dikirim pada Kajari Kota Tangerang, kasus ini SPDP-nya dikirim ke Kepala Kejati Banten," katanya.

Aparat kepolisian juga telah menyita 13 unit handphone, rekaman CCTV, gembok anak kunci dan barang bukti lainnya terkait dugaan adanya tindak pidana dalam kasus kebakaran yang menewaskan 44 orang narapidana itu.

Halaman:

Editor: Herbangun Pangarso Aji

Sumber: Antara

Tags

Artikel Terkait

Terkini

Mau Terbang, Ini Aturan Terbaru dari Kemenhub

Jumat, 22 Oktober 2021 | 14:12 WIB
X