• Senin, 27 Juni 2022

Penggunaan Vaksin PCV13 Pfizer Kini Diperluas, Dapat Digunakan untuk Bayi, Ini Penjelasannya

- Kamis, 26 Mei 2022 | 11:50 WIB
 Petugas kesehatan menunjukkan vaksin Pfizer yang digunakan untuk dosis ketiga atau booster Covid-19 di Jiexpo Kemayoran, Jakarta, Jumat (21/1/2022).   (ANTARA FOTO/Muhammad Adimaja )
Petugas kesehatan menunjukkan vaksin Pfizer yang digunakan untuk dosis ketiga atau booster Covid-19 di Jiexpo Kemayoran, Jakarta, Jumat (21/1/2022). (ANTARA FOTO/Muhammad Adimaja )


JAKARTA, harianmerapi.com - Penggunaan vaksin Konjugat 13-valensi Pneumokokus (PCV 13) Pfizer kini diperluas.


Ini dilakukan setelah PT Pfizer Indonesia menerima persetujuan dari Badan Pengawas Obat dan Makanan Indonesia (BPOM) menyangkut penggunaan vaksin PCV13 Pfizer untuk indikasi usia pengguna yang diperluas.


Kini vaksin dapat digunakan untuk bayi, anak-anak, dan remaja dari usia 6 minggu hingga 17 tahun serta dewasa berusia 18 hingga 49 tahun.

Baca Juga: Pemkab Gunungkidul Perketat Lalu Lintas Hewan Ternak Guna Cegah PMK


Ini merupakan tambahan dari penggunaan vaksin yang telah disetujui untuk mencegah pneumonia bagi anak-anak berusia 6 bulan hingga 5 tahun dan dewasa di atas usia 50 tahun.

Menurut Pfizer, persetujuan rentang usia penggunaan vaksin PCV 13 ini menandai vaksin pneumokokus pertama yang bisa digunakan untuk semua rentang usia.

“Kami sangat senang dengan persetujuan ini sebagai langkah maju yang signifikan, sebab hal ini melanjutkan misi kami untuk memperluas perlindungan terhadap serotipe bakteri penyebab penyakit untuk membantu mencegah infeksi pernapasan yang berpotensi serius, seperti pneumonia pneumokokus di segala usia,” kata Country Manager PT Pfizer Indonesia dr. Nora T. Siagian melalui siaran pers, dikutip Kamis.

Baca Juga: Moh Mahfud MD: LGBT Tak Tercantum dalam RUU KUHP, Tapi Ada Ancaman Pidana Hubungan Seks Sesama Jenis

 

Nora mengatakan anak-anak dan remaja berusia 6 hingga 17 tahun dengan kondisi medis mendasar memiliki risiko yang lebih tinggi terhadap penyakit pneumokokus.

Halaman:

Editor: Hudono

Sumber: Antara

Tags

Artikel Terkait

Terkini

X