• Sabtu, 21 Mei 2022

Memulai Bisnis dari Hobi, Kenapa Tidak? Berikut Strateginya

- Jumat, 28 Januari 2022 | 05:30 WIB
Ilustrasi ( ANTARA/Pixabay)
Ilustrasi ( ANTARA/Pixabay)

 

JOGJA, haranmerapi.com - Sebagian pebisnis memulai usahanya dari hobi yang dia minati, sebut saja Nova Dewi yang sejak kecil menyukai jamu dan saat dewasa mendirikan bisnis produk jamu di bawah merek Suwe Ora Jamu.

Tak hanya dia, Angel Chyntia yang menyukai dunia kosmetik kini telah melahirkan produk makeup-nya sendiri melalui label Goban Cosmetics.

Selain minat dan kreativitas, naluri bisnis yang tajam juga dianggap sangat penting agar bisnis yang ditekuni dapat menghasilkan keuntungan. Di sisi lain, pebisnis juga disarankan tak semata mengejar keuntungan dan melupakan konsumen serta karyawannya.

Berkaca dari kisah perjalanan bisnis Nova dan Angel ditambah saran dari pakar industri bisnis kreatif Yoris Sebastian, berikut strategi yang dapat diterapkan dalam membangun bisnis berbasis hobi.

Baca Juga: Download Twibbon Harlah NU Ke 96 Tahun 2022: Link Desain Terpopuler untuk Status Whatsapp, Facebook, Instagram

1. Tentukan skala prioritas dan bangun pola pikir bisnis

Salah satu tantangan yang dihadapi ketika membangun bisnis yang berasal dari hobi yakni memposisikan diri antara hobi yang digemari dengan bisnis yang harus terus berjalan dan dikembangkan. Dalam menjawab tantangan tersebut, pebisnis harus mampu berpikir objektif serta beradaptasi dengan memasang mindset hobi yang digemari kini bukan lagi kegemaran pribadi, namun telah bertransformasi menjadi sebuah bisnis yang menyangkut kepentingan banyak pihak, sehingga memerlukan strategi bisnis yang matang.

“Meski Suwe Ora Jamu berdiri atas dasar kecintaan saya terhadap jamu, perjalanan kami pun tidak luput dari permasalahan bisnis. Salah satu hal yang selalu saya terapkan apabila dihadapkan pada sebuah tantangan bisnis adalah menyusun skala prioritas, mana yang memberikan dampak lebih besar pada bisnis," ujar Nova yang menjabat sebagai CEO & Co-Founder of Suwe Ora Jamu.

Nova mengatakan, suatu hal yang penting bagi para pebisnis dalam memasang mindset yang lebih strategis, holistik, dan berorientasi pada bisnis. Pendelegasian tugas juga menjadi suatu hal yang krusial ketika hobi sudah berkembang menjadi bisnis yang semakin sustainable.

Halaman:

Editor: Widyo Suprayogi

Sumber: Antara

Tags

Artikel Terkait

Terkini

Viral, Gadis Jelita Bermain Python Hitam Besar

Rabu, 9 Maret 2022 | 16:15 WIB
X