• Kamis, 26 Mei 2022

Fodder Jagung Sebagai Pelengkap Ransum Ayam Ras Petelur, Ini Berbagai Manfaatnya

- Jumat, 3 Desember 2021 | 10:45 WIB
Fodder jagung siap dipanen dan bisa digunakan untuk pakan ayam ras petelur. (Foto Sulistyanto)
Fodder jagung siap dipanen dan bisa digunakan untuk pakan ayam ras petelur. (Foto Sulistyanto)

harianmerapi.com – Selain pakan utama wujud konsentrat yang terbuat dari kombinasi beberapa bahan, ayam ras petelur penting juga diberi pakan tambahan atau pelengkap.

Pakan atau ransum pelengkap bisa berasal dari hijauan yang tak berbahaya bagi kesehatan ayam, misalnya beberapa jenis sayuran, rumput dan beberapa tanaman lain.

Hijauan wujud tanaman jagung masih bibit dengan umur kisaran 10 hari yang dibudidayakan secara hidroponik (tanpa tanah) bisa juga dijadikan sebagai pakan hijauan.

Baca Juga: Misteri Watu Lumpang yang Mengancam Lewat Mimpi

Pakan wujud bibit tanaman jagung atau sering disebut fodder jagung mudah pembuatannya dan tak memerlukan lahan luas, sebab bisa menggunakan baki-baki yang ditempatkan di rak-rak.

Menurut Diyah Utami dari Agromix Lestari Jogjakarta, panenan fodder jagung selain sebagai pakan tambahan untuk ayam ras petelur, bisa pula ternak lain seperti sapi, kambing-domba dan jenis ayam lain.

“Biji jagung yang akan dibuat fodder jagung perlu direndam dahulu sekitar 12 jam, setelah itu ditebar pada baki yang sudah diberi potongan-potongan jerami sebagai media tanamnya,” jelas Diyah, baru-baru ini.

Baca Juga: Ubi Cilembu Sehatkan Sistem Pencernaan dan kulit, Cocoknya Diolah Apa Saja?

Tanaman fodder jagung tersebut tak perlu dipupuk, namun perlu rutin disiram dengan disemprot menggunakan sprayer yang juga bisa menjaga kelembaban media tanam.

Setelah dipanen pada umur 10 hari, mulai dari akar sampai ujung daun disenangi oleh ternak termasuk ayam ras petelur. Apalagi ayam tersebut tak dikandangkan di kandang model baterai, tapi diumbar.

Halaman:

Editor: Swasto Dayanto

Tags

Artikel Terkait

Terkini

Viral, Gadis Jelita Bermain Python Hitam Besar

Rabu, 9 Maret 2022 | 16:15 WIB
X